CARA PINTAR MEMILIH HP ANDROID LOKAL

Yang kepingin punya HP Android tapi dananya terbatas, bisa memilih Android merk lokal loh. Hal ini tentunya sejalan dengan menjamurnya HP-HP lokal dengan OS berlambang robot hijau tersebut. Setahun lalu, mungkin BGer’s masih terpesona dengan munculnya Nexian Journey yang menandai kiprah awal Android lokal rasa Cina.

Sekarang pilihan makin beragam dan marak ditemui tipe HP Android lokal macam IVIO DE-38, No-xx NV Terminator, Nexian Ultra Journey, Beyond B800 ataupun Mito 9800. Meskipun nyaris identik dari segi model, masing masing HP menawarkan kelebihan dan keunggulan yang jadi selling point si HP.

Memang berbagai HP lokal yang ditemui jelas berharga lebih murah dibanding Android bermerk. Tapi dalam pandangan sebagian BGer’s mungkin menyangsikan mutu dan kualitas dari para Android lokal. Disini BG akan memberikan beberapa tips bagaimana memilih secara cermat Android lokal yang banyak beredar.

1.Perbandingan Spesifikasi dengan Harga
Pertama kali jelas BGer’s harus mempertimbangkan soal kesesuaian harga dengan spek yang dimiliki Android lokal. Paling tidak versi yang dibawa sudah Android Froyo. Perhatikan pula masalah prosesor dan grafis yang diusung HP tersebut. Ibaratnya otak manusia, prosesor adalah fitur terpenting dimana prosesor yang tinggi jelas memberikan aksi yang lebih responsif dalam menjalankan menu Android sehari hari. Sementara dengan punya spek grafis yang tinggi, kecakapan memainkan game ataupun tampilan visual di HP pada umumnya lebih baik.
Sisanya tinggal BGer’s lihat berbagai fitur tambahan lainnya macam kamera, video, kapasitas RAM, konektivitas yang dimiliki bahkan sampai jenis layar yang digunakan HP tersebut. Satu kelebihan yang belum bisa didapatkan Android bermerk adalah fitur TV analog yang dimiliki Android lokal.

2.Kemampuan Dual SIM
Berbeda halnya dengan Android bermerk yang sejauh ini belum mempunyai kemampuan mengadopsi dual SIM. Beberapa Android lokal sudah menanamkan kemampuan dual SIM. IVIO DE-38, Axioo Vigo 350 atau Mito 9800 bisa jadi pilihan mengingat dua kartu GSM dapat hidup bersamaan. Bahkan pada tipe tertentu bisa menampung dua kartu berbasis GSM dan CDMA.

3.Lokasi servis center
Hal ini jelas perlu diperhatikan oleh BGer’s. Percuma saja dapet HP canggih berharga murah tapi bikin bingung ketika HP Android BGer’s rusak dan harus masuk meja operasi. Pastikan Android lokal yang BGer’s beli memiliki layanan purna jual yang mudah dan gampang ditemui. Paling tidak merk tersebut harus mempunyai servis center di sentra sentra lokasi penjualan HP terkenal macam ITC Roxy Mas, ITC Cempaka Mas di Jakarta atau seperti Plaza Jambu Dua di Bogor.

4.Nilai Jual Kembali
Pertimbangan lainnya bisa mengarah kepada harga jual kembali HP tersebut. Sudah jadi rahasia umum bahwa Android lokal akan susah menemui harga bagus ketika dijual. Toko HP pasti akan memasang harga serendah mungkin untuk Android lokal bekas pakai. Disini BGer’s harus memastikan bahwa Android lokal yang dibeli bukan untuk BGer’s pakai dalam waku singkat. Kalaupun BGer’s sudah bosan dan ingin mengganti dengan yang baru, sebaiknya Android lokal bekas BGer’s hibahkan saja kepada orang terdekat atau semoga ada promo untuk mengganti Android lokal BGer’s dengan keluaran terbaru merk tersebut.
http://www.blogger.com/img/blank.gif
5.Ketersediaan aksesoris pendukung
Terakhir, performa HP kurang maksimal tanpa ketersedian aksesoris pendukung. Aksesoris disini bisa macam macam seperti bluetooth, headset stereo, baterai high capacity, speaker dan lain lain. Makin banyak aksesoris yang kompatibel membuat nilai tambah buat sang HP lokal.

KESIMPULAN
Tak sekedar mencari harga murah, faktor- faktor diatas bisa jadi bahan pertimbangan BGer’s untuk mendapatkan Android lokal namun berkualitas ala Android bermerk. Yang pasti, pembesut HP lokal harus makin meningkatkan kualitas dan mutu produk yang dihasilkan kalau tidak mau produk unggulan duduk manis di etalase toko toko HP.

(WWW,BUYERSGUIDE.COM)

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*