Penyakit Gara – Gara Gadget

0
1
views
‘Text Nect’ itulah sebutannya. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr. ken Hansraj M.D, kepala  bagian bedah tulang  belakang di New York Spine Surgery and Rehabilitation Medicine, mengatakan kita berada pada titik awal gelombang masalah punggung dan leher yang disebabkan oleh postur yang buruk saat menggunakan gadget……

ilustrasi saat bermain gadget
Yang menjadi latar belakang penelitian Hansraj adalah semakin banyaknya orang muda berkonsultasi kepadanya masalah sakit leher, punggung dan kaki. Dengan bedah, Hansraj sudah mengatasi masalah sakit di kaki tapi masih bermasalah di leher dan punggung. Dan ternyata pemuda tersebut bermain game di gadgetnya selama 4 jam tiap harinya.
Hansraj menjelaskan bahwa dalam posisi netral berat kepala manusia sekitar 4,5-5 kg.  Jika anda menunduk 15o  maka beban yang ditanggung leher dan tulang belakang hampir  tiga kali lipatnya. 30o bertambah 18 kg, 45 derajat bertambah hampir 23 kg. Orang menghabiskan waktu 2 sampai 5 jam perhari bermain dengan gadgetnya, itu artinya mereka menghabiskan 700-1400 jam per tahun bahkan untuk remaja bisa sampai 5000 jam pertahun. Anak – anak sekarang secara tidak sadar mereka sudah menundukan kepala sekitar 45-50 derajat saat bermain dengan gadget mereka.
Hal terbaik yang harus dilakukan saat bermain gadget menurut Hansraj adalah dengan posisi netral yang artinya menjaga telinga tetap diatas bahu dan bahu ditarik ke belakang. Kita juga bisa melakukannya dengan menurunkan pandangan mata ke bawah untuk mengurangi tekanan pada tulang punggung. Tapi kita tidak dapat melakukan hal tersebut setiap saat, kita bukan tentara coyyyy….
Sadarkah Anda dengan posisi kepala saat melihat gadget?  Semoga bermanfaat.
Sumber : VOA Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here