Honda NC750 Supercharged

0
1
views
Sobat Goozires, sangat menarik bener bener sangat menarik membaca media online MCN, apa yang yang  menarik? Ingin tahu apa ingin tahu baanget? Ok dah saya kasih tahu. Gini yah, tapi sebelumnya bikin kopi ama sedikit cemilan biar tambah jos… ok, jadi gini… Ternyata Honda, tuh kan…. klik dulu ya baca selengkapnya tuk lanjut…..

Doorrrrrrrrrrrrr ok lanjut dah dari pada ente ente semua penasaran. Jadi gini di MCN ada berita bahwa paten dari Honda NC750 , sangat mungkin untuk di aplikasikan supercharger layaknya Kawasaki H2. Honda supercharger? Wooow… lihat gambar berikut

Dari gambar telihat paten Honda dengan basis NC750 parallel twin telah direncanakan perusahaan untuk ditemplokin supercharger layaknya Kawasaki H2  sejak pertama kali diperdebatkan. Terlihat ruang yang cukup besar diantara silinder horisontal dengan tangki bahan bakar yang memungkinkan di pasangnya supercharger crakshaft-driven dan pipa sebagai corong udara di area tersebut.
Yang penting lagi ada bahkan ada ruang besar untuk intercooler besar yang tidak dimiiki kawasaki H2. Intercooler berguna untuk  forced-induksi karena  udara masuk yang di tekan akan menimbulkan panas. Asupan udara panas yang kurang padat dari udara dingin akan merugikan kinerja dan dengan intercoler ini keamanan dan kinerja dapat di teingkatkan. Jika disandingkan desain Honda dan Kawasaki terdapat kesamaan dalam penempatan supercharger yaitu tepat dibelakang silinder. Mengambil  udara dari airbox antara kedua kaki pengendara., mengkompresnya dan disebar kedepan menjadi udara ketemu udara  dalam intercooler dibagian depan bawah tangki bahan bakar.
Seperti pada NC750 normal, tangki bahan bakar sebenarnya  ada di bawah jok. Intercooler layaknya sebuah radiator namun bukan air yang di alirkan namun udara. Udara dingin yang masuk melalui corong bagian depan kemudian mengalir ke sirip intercooler  dan  menghilangkan panas. Setelah dingin udara masuk ke ruang  plenum chamber yang merupkan sebuah tangki penyimpanan  bertekanan yang menstabilkan tekanan dan gelombang udara sehingga selalu tersedia udara bertekanan setiap kali throttle dibuka.
Plenum chamber  memiliki  2 outlet:  yang pertama feed ke throttle badan mesin dimana bahan bakar ditambahkan sebelum mencapai silinder dan yang kedua dilengkapi katup pemotong dengan kontrol elektronik jadi ssata tekanan dalam ruang terlalu tinggi, sistem manajemen mesin dapat melepaskan udara kesistem. Cerdik, udara yang dilepas akan  kembali lagi ke supercharger .
Cuma seberapa efektifkah supercharger  akan menambah kinerja mesin ? mudah dibayangkan bahwa supercharger akan melipatgandakan  kekuatan NC7590 , membuat mesin 100bhp  irit bahan bakar dan minim gas emisi. Mengingat paten pertama berhubungan dengan Kawasaki H2 muncul hampir 4 tahun yang lalu, kita masih akan menunggu beberapa waktu untuk melihat NC750 di showroom dengan superchargerya.
Apa  alasan sebenarnya menggunakan supercharger?
Mesin dengan superchrager ataupun turbocharger identik dengan melipatkandakan output mesin menjadi lebih besar namun ada 2 alasan yang masuk akal untuk menjadikan mesin supercharger ataupun turbo charger manjadi popular. Yaitu emisi dan ekonomi.
Kawasaki H2 versi jalanan memiliki power yang  rendah identik dengan power ZX-10R, namun lihat dari segi emisi? Dokumen terbaru di Amerika yang baru dirilis untuk sepeda motor mengungkapkan skor yang tinggi  untuk emisi gas buang. Emisi Hidrokarbon H2 turun di bandingakan ZX-10R yaitu dari 0,3g/km menjadi 0,2g/km sehingga terjadi penuruna emisi gas buang sebesar 33%. Mereka sudah berusaha mengembangkan mesin dengan tidak kehilangan power  dan juga manfaat untuk dorongan yang besar dan kuat untuk torsi.
Dengan kelebihan menurunkan emisi gas buang, jelas mana yang akan dapat bersaing dimasa datang  dengan berbagai aturan mengenai emisi gas buang. Dengan implikasi gas buang CO dan HC yang rendah  menandakan bahwa konsu,si bahan bakar juga makin irit.  Walaupun H2 sekarang masih jadi mainan orang kaya namun sangat mungkin teknologi tersebut dapat diaplikasikan pada sepeda motor harian diamasa yang akan datang.
Menarik bukan, sobat Goozires …. kita berharap  semoga teknologi  terkini motor yang minitberatkan pada emisi gas buang rendah serta irit bahan bakar dapat cepat diaplikasikan di motor-motor comuter.
Sementara sekian share dari saya semoga bermanfaat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here