Bahaya menyikat gigi setelah makan


Sobat goozir, ternyata menyikat gigi langsung setelah makan itu berbahaya. Saya dapat ilmu ini dari CNN Indonesia. Kenapa berbahaya? Dalam mulut terdapat saliva (air liur) yang bersifat buffer  effect atau penyeimbang. Saat makan pH normal saliva akan turun dari 6,8 menjadi pH kritis yaitu 4. Bila setelah makan langsung sikat gigi maka  struktur alami saliva akan rusak  dan mempengaruhi fungsinya.

“Fungsi saliva adalah membantu pencernaan karena dalam saliva terkandung enzim amilase dan enzim lain yang dilepaskan setelah makan. Jadi sikatlah gigi 15-20 menit setelah makan agar saliva memperoleh kesempatan untuk membantu pencernaan”  ungkap Prof Melanie Sadono Djamil, Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).
Dengan langsung menyikat gigi setelah makan juga dapat melemahkan email gigi terlebih jika anada habis memakan atau minum yang bersifat asam. Asam dapat menyebabkan  korosi  atau pengikisan terjadi lebih cepat dari pembusukan gigi. “ berkumurlah  dengan air putih matang setiap selesai makan. Hal ini dapat mempercepat pH saliva dalam mulut kembali normal sehingga tidak sempat melemahkan email gigi.”

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*