Black Box Tak Sepintar Smartphone

Sobat Goozires, goozir.com ikut berduka cita dan bela sungkawa atas musibah air asia. Semoga para korban segera dapat ditemukan dan keluarga dapat sabar menerima kejadian tersebut. Kembali kepokok bahasan, sebenarnya apa si black box ini? Setiap terjadi kecelakaan pesawat terbang pasti yang dicari black box. Black box di ciptakan oleh  Dr. David Warren seorang kebangsaan Australia pada tahu 1950. Dia menciptakan black box karena terinspirasi dari kecelakaan pesawat yang merenggut ayahnya pada tahun 1934.

Prototipe pertama blck box dibuat pada tahun 1956 dengan nama ARL Flight Memori. Namun butuh 5 tahun bagi Warren agar penemuan  black boxnya dianggap penting bagi industri penerbangan. Berikut beberpa fakta mengenai black box.
  • Black Box Tidak Berwarna Hitam

blackbox
Ya blackbox berwarna orange menyala, hal ini dilakukan agar mudah ditemukan karena warnanya yang mencolok.
Black Box Terdiri Dari 2 bagian
FDR (Flight Data Recorder ) berfungsi menyompan data penerbangan. Yang kedua adalah VCR (Cocpit Voice Recorder) berfungsi menyimpan percakapan pilot kepada krunya tau menara pengawas beberapa waktu sebelum kecelakaan.
  • Pakar Tak Mmenyebutnya Dengan Black Box

Pakar menyebutnya dengan sebutan Elektronic Flight Data Recorder. Tak jelas siapa yang pertama menyebutnya dengan black box. Spekulasi yang beredar, Black Box bersal dari model pertama yang bagian dalamnya berwarna gelap. Spekualasi lain Black Box di populerkan oleh seorang jurnalis yang  mendeskripsikan sebagai kotak hangus karena  kotak ditemukan dalam keadaan hangus setelah terjadi kecelakaan.
  • Black Box Dapat Menyimpan Pembicaraan Sampai 2 Jam

Dengan storage yang dimilikinya sebenarnya black box dapat menyimpan pembicaraan selama 25 jam data penerbangan namun ternyata untuk jatah pembicaran pilot dibatasi hanya 2 jam. Namun tidak hanaya suara pilot yang terdengar tetapi seluruh kejadian di ruang kokpit.
  • Lebih Dari Sebulan Black Box Akan Sulit Ditemukan

Black Box dilengkapi dengan pemanacar yang akan aktif jika terkena air. Pemancar tersebut dikalim mampu bertahan dikedalaman laut 4 km. Setelah pemancar aktif maka akan mengirimkan sinyal setiap satu detik selama 30 hari lewat dari 30 maka akan susah ditemukan. Walau demikian masih ada alat yang mampu menemukan Balack Box meski pemancarnaya sudah tidak aktif. Namanya Towed Pinger Locator yang diklaim bisa  mengenali black box hingga kedalaman laut 20 ribu meter.
towed pinger locator
  • Tahan Dikondisi Extreme

Black box dibekali material titanium / stainles steel yang dibuat2 lapis. Bahan yang melindungi bagian penting black box  diklaim mampu bertahan di bawah tekanan 3.000 G. material pelindung juga sanggup menahan beban seberat 227 kg yang dijatuhkan dari ketinggian 3 meter, selain itutahan semburan panas hingga 1100oC

Ya itu beberapa fakta soal blck box. Namun perlu digarisbawahi sesuai dengan judulnya, black box tak sepintar smartphine. Coba anda beli smartphone harga 800 ribuan sudah mendapatkan fitur GPS yang dapat mendeteksi dimana HP kita secara realtima. Sedangkan black box belum ada yang semacam itu karena black box membutuhkan bandwith besar untuk mengirimkan informasi  karena besarnya data yang disimpan. Selain itu akses data setiap negara berbeda beda  sehingga cara tersebut masuh sulit direalisasikan. Walaupun begitu boeing telah mematenkan teknologi untuk black box yang memungkinkan hal tersebut. Sistem tersebut nantinya memungkinkan   sistem pelacak mendeteksi keberadan lokasi pesawat. Butuh biaya banyak untuk mengaplikasikan hal tersebut. Itulah alasaannya Boeing belum  merilisnya hingga saat ini. (sumber detik edited by goozir.com)

Sekian dulu share saya semoga berguna….

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*