Sarjana IPK 3,49 berjualan jamu

www.goozir.com
Sobat goozir, lupakan tukang warteg cantik, lupakan tukang tambal ban cantik, lupakan tukang jualan kueh cantik ada kisah yang lebih inspiratif dan jadi teladan buat kita semua. Adalah Sutriyani, 23 tahun lulusan sarjana pendidikan Fisika dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,49.

Sejak kecil dia terbiasa mandiri, mendaftar sekolah dari SD hingga perguruan tinggi dia lakukan sendiri. Ayahnya seorang tukang becak dan ibunya tukang jamu keliling. Lulusan SMK tata boga namun mengambil kuliah jurusan pendidikan Fisika.  Kondisi hidup dalam keterbatasan tidak menyurutkan nyali Sutriyani. Saat SMP dia mengambil rumput (ngarit) sepulang sekolah, untuk ngasih makan sapinya sebagai satu satunya harapan untuk biaya pendidikanya kelak.
2006 gempa melanda Yogyakarta, rumah Sutriyani roboh, pupus harapannya untuk melanjutkan sekolah. Namun sang ibu mencoba kembali bangkit dengan modal bantuan sepeda dari pemerintah berjualan jamu keliling. Lulus SMK jurusan tata boga Sewon Bantul Sutriyani melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Disinilah cibiran demi cibiran dari sekitarnya datang “ apa mampu anak tukang jamu jadi sarjana?” cibiran jadi pelecut Sutriyani untuk membuktikan bahwa anak tukang jamu juga bisa jadi sarjana. Dia belajar ke temanya jika ada pelajaran yang tidak dipahaminya. Dia berjualan kue kering saat lebaran untuk menambah uang kuliah, dia mengajar privat untuk menambah biaya kuliah, dia juga memperoleh beasiswa untuk pendidikannya.
Akhirya dengan tekad kuat Sutriyani dan usaha keras ibunya berjualan jamu mengatarkan Sutriyani menjadi seorang sarjana pendidikan Fisika dengan IPK 3,49. Kini Sutriyani tinggal dengan ibu dan kakaknya berjualan jamu sambil mencari pekerjaan sedang ayahnya telah tiada. (sumber: kompas)
Sobat goozir, walaupiun ending belum semanis sinetron, dengan IPK 3,49  sarjana pendidikan Fisika namun masih berjualan jamu kita dapat ambil hikmah bahwa perjuangan dengan sungguh – sungguh untuk memperoleh apa yang kita inginkan pasti akan ditunjukan jalannya walapun jalan yang kita tempuh tidaklah mudah. Focus dan usaha serta doa pasti akan menghantarkan kita kepada kesuksesan.

Semoga menginspirasi, semoga berguna…

bagikan :

Post Author: goozir

Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *