Tips mudik menggunakan motor

Sobat goozir, lebaran tinggal beberapa hari lagi tetunya kita sudah merencanakan transportasi apa yang akan kita gunakan. Mudik gratis banyak di gelar baik oleh pemerintah, BUMN, maupun swasta. Sedangkan angkutan umum kurang memadai untuk mengakomodir arus mudik disamping harganya yang selangit.

Contoh (berdasar info dari temen saya  sendiri) salah satu PO yang melayani jurusan Jawa Tengah yaitu ke Wonosobo, tiket di hari biasa sekitar 90 ribu rupiah kini untuk keberangkatan tanggal 14 Juli 2015 dijual seharga 260rb rupiah untuk jurusan yang sama. Harga hampir 300% naiknya.

Walaupun banyak mudik gratis yang diadakan, masih terkendala jurusan dan lain sebagainya. Sedangkan pemerintah belum mapu menyediakan angkutan umum yang memadai. Masyarakat dihadapkan pada pilihan ongkos mahal dan keinginan berlebaran dikampung. Misal memilih tidak pulang kampung, mesti merasa nelangsa lah. Teman saudara pada pulang kampung berkumpul sama keluarga merayakan lebaran.
Bagi pemilik kendaraan bermotor roda 2 pastilah mudik dengan motor menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Memang mudik dengan sepeda motor tidak disarankan. Namun apa boleh buat kalau memang itu menjadi pilihan terakhir yang harus dilakukan. Yang penting safety first baik untuk diri sendiri dan untuk orang lain/pengguna jalan lain. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan bagi pemilik kendaran bermotor roda 2 yang mau mudik pakai motor.
  • Pastikan motor dalam keadan prima dan laik jalan

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan service rutin dan service kendaraan sebelum kendaran dipakai untuk mudik. Cek semua bagian vital misal rem, oli, lampu, rantai, vbelt, busi, ban, radiator, dll. persiapkan pula tools standar untuk jaga-jaga.
  • Persipkan kelengkapan kendaraan dan pengendara selengkap mungkin

Perlengkapan kendaran tentunya surat surat kendaran, SIM, kelengkapan motor (spion tutup pentil dll). Sementara untuk kelengkapan pengendara meliputi: jaket, sarung tangan, sepatu (kalau bisa sepatu safety) masker (balaclava), helm (lebih baik fullface), GPS(optional), kacamata hitam(optional) pelindung lutut dan siku
  • Persiapkan fisik dan mental anda

Inilah hal paling utama diantara yang lainnya walupun yang lainnya tersebut diatas juga sangatlah penting. Persiapkan fisik anda dengan istirahat cukup dan asupan gizi yang cukup untuk melakukan kegiatan mudik. Bawalah bekal makanan dan minuman untuk menjaga stamina tubuh jika memungkinkan atau beli di perjalanan. Perjalanan jauh dengan motor memerlukan extra kewasapadaan dan kehati-hatian. Apalagi jika berkendara dilakukan malam hari. Persiapan mental mutlak diperlukan, hal ini sangat membantu anda saat berkendara. Suasana lancar, macet, panas dan lelah akan memicu sikap mental yang merugikan semisal marah. Kalau sudah marah apapun bisa terjadi. 
Untuk sikap mental ini saya ada sedikit pengalaman dari mudik saya memakai motor. Memang saya rasakan sendiri kalau sudah panas, macet dan lancar. Saat macet dan panas butuh kesabaran dan rasa menghargai pengendara lain inilah sikap terbaik yang bisa kita lakukan. Tentunya untuk menjaga kemarahan kita yang mungkin timbul. Siapa bilang kalau lancar aman bagi kita? justru inilah yang menurut saya juga sangat berbahaya. Jalur lancar, lengang jalan mulus, wis arogansi kita pasti muncul. Anda pasti ingin geber motor sekenceng kencengnya. Ngaku aja dah… karena saya sendiri merasakan hal tersebut. 
Namun balik lagi kita ingin sealmat dong sampai tujuan. Saat lengang lancar dan jalan mulus kita harus menjaga ritme kecepatan motor kita dan tidak melepaskan konsentrasi kita karena saat lancar ini terkadang kita akan menghadapi sesuatu yang tidak disangka dan terduga. Misal tiba tiba ada orang menyeberang, terus ada pemotor lain yang ngebut. Biasanya kalau ada motor lain yang ngebut apa lagi bermerek sama dan kubikasi sama , lebih hebohnya  merek beda kubikasi sama atau lebih kecil tapi manas manasin kita dengan menyalip kita, terus dia melambat kita lewati dan dia melewati kita lagi pasti rasanya ingin bersaing (“si*lan nih motor”) entah dengan mengejar atau adu kencang.
Tetap fokus dan tidak terpengaruh pengendara lain jika jalanan lancar, lengang, aspal mulus dan lurus. Lakukan istigfar, dzikir, sholawat  dan selalu ingat Allah SWT bisa diucapkan langsung sambil berkendara, toh orang lain ga ada yang dengar kalaupun dengar tidak apa apa kan?) saat berkendara terutama saat jalana lancar, lengang , lurus dan aspal mulus. Istigfar, dzikir, sholawat dan selalu ingat Allah SWT akan membantu kita untuk selalu fokus. Lebih bagusnya si kita ambil wudlu dulu sebelum berkendara.
Itulah beberapa tips mudik yang bisa kita terapkan dalam perjalanan kita. Intinya persiapkan kendaraan motor kita seprima mungkin, waspada, konsentrasi, jaga emosi, selalu ingat kepada Allah SWT. Insha allah perjalan mudik kita selamat dan bernilai ibadah. Semoga berguna…

yang mau mudik tanggal 11 juli  dengan motor plat R silakan komen dibawah

bagikan :

1 Trackback / Pingback

  1. Peran aktif pabrik motor dalam mudik - goozir.com Sepeda motor, teknologi motor, motor baru

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*