Suasana shalat Idul Fitri di desa

0
2
views
Sobat goozir, salah satu aktivitas saat mudik yang setiaporang lakukan pastilah shalat Idul Fitri. Ada yang menyelenggarakannya di masjid, alun alun dan juga ada di lapangan. Disalah satu desa di kecamatanSomagede dimana saya berasal, shalat Idul Fitri dilaksanakan di sebuah lapangan.

Sebenarnya ada satu lagi tempat yang menyelenggarakan shalat Ied yaitu di masjid namun saya ikut yang dilapangan.

Setiap menjelang shalat ied keluarga saya pasti sibuk yang dandan yang masak dll. Terutama ibu saya, setiap mau shalat ied pasti dandanya paling akhir. Biasa lah ibu, masaka dahulu dari pagi, mandi paling akhir. Ujung ujungnya ya dandan paling akhir.” Ayo cepet wis garep mulai, dandan sue men” itu biasanya yang lain bikin buru buru aja… he 🙂
Selse semuanya kita berangkat rame rame ke lapangan jalan kaki. Jam 7 kurang dikit shalat ied dimulai, suasana mendung menaungi shalat kami semua. Sejuk…. selesai shalat, ada atur maaf antara kaum bapak dan kaum ibu yang di wakili oleh masing – masing tokoh dari kaum ibu dan bapak. Abis itu bersalaman saling memaafkan. Laki laki dengan laki laki , perempuan dengan perempuan. Selesai semua, pulang jalan kaki kembali dan mampir ke sanak keluarga. Sampai rumah hampir jam 9.
Ya begitulah suasana lebaran dan shalat ied di tempat saya khususnya keluarga kami. Ga da yang special atau unik.  Sama seperti yang lainnya.
Akhirnya goozir.com mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1436 H , mohon maaf lahir dan batin…

Semoga berguna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here