Suzuki patenkan sepeda motor hybrid dengan transmisi semi otomatis

Sobat goozir, kita sering dengr tentunya tentang mobil hybrid. Teknologi hybrid sekarang ini masih terbilang mahal. Mobil hybrid dibanderol super wah. Terus bagaimana kalau teknologi hybrid di cangkokkan pada sepeda motor?

Suzuki sudah  mematenkan model sepeda motor dengan tekhnologi hybrid dan bertrasmisi semi otomatis.

desain model sport
Paten didftarkan di Kantor Patent Jepang. Nantinya sepeda motor ini akan ditenagai oleh mesin mesin Inline-four dan motor listrik. Mungkin mudahnya gabungan antara motor manual dengan BBM dan motor dengan tenaga listrik.
Bagaimana trasmisi semi otomatisnya bekerja?
Nantinya dengan transmisi otomatis, memungkinkan penggunanya tidak perlu lagi menarik tuas kopling dalam berpindah gigi. Walaupun perpindahan gigi masih menggunakan kaki kiri, tetapi dilakukan secara elektronik. Ada sebuah sensor yang akan mendeteksi sudut tuas untuk perpindahan gigi. Sensor ini akan mengirimkan sinyal elektronik  ke bagian Transmisi Control Unit (TCU). Akan terbaca tuh apakah bergesr ke atas atau kebawah miringnya. Setelah terbaca kemudian melepaskan kopling  dan  gigi pun berubah. TCU akan bekerja sama dengan ECU untuk melakukan jeda pada throttle baik saat upshifts maupun blipping saat downshifts.
stang kanan
Pada stang bagian kanan akan ada  3 tombol yaitu starter(110), engine kill (111) dan mode mesin  (pake listrik atau BBM/112). Untuk baterainya sendiri terletak di bawah jok. Nampaknya Ssuzuki kan menerapkan teknologi ini pada model sport bike. Semoga saja bisa segera dilihat purwarupanya.
mesin dan dinamo
Semoga berguna…

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*