BMW kembangkan sasis serat karbon

Sobat goozir, sasis sepeda motor umumnya menggunakan baja atau aluminium sebagai sasis. Jarang yang menggunakan sasis dari bahan serat carbon. Harga dan proses pembuatan yang mahal menjadi kendala dalam mass produksi sasis jenis ini. Namun mungkin anggapan tersebut akan segera berubah atau bahkan hilang sama sekali. Karena BMW sedang mengembangkan sasis jenis ini dan  sudah mematenkannya beserta tahapan pembuatan secara lengkap sehingga dapat diproduksi secara cepat dan murah.

Paten baru dari BMW ini ada 2 desain yaitu berbentuk balok dan berbentuk modular teralis. Untuk yang berbentuk balok lebih ditujukan untuk motor kelas superbike atau sport ber cc tinggi misal S1000RR. Nah sedangkan yang modular bisa digunakan untuk sasis sepeda motor kebanyakan (kelas mainstream).
Untuk sasis berbentuk balokan mugkin bentuknya seperti sasis deltabox kali ya atau seperti sasinya motor di ajang balap MotoGP. Pembuatan sasis balokan ini akan lebih cepat namun tetap saja butuh tenaga banyak.
Untuk sasis modular atau bentuk teralis biasanya berbentuk pipa-pipa kecil dengan potongan yang banyak kemudian di rangkai disambung sambung. Untuk yang dari bahan serat carbon ini akan diperlukan join mungkin kalau di dunia sehari hari kaya sambungan pipa air yang bentuk T atau L dan lainnya. Untuk bagin ini bisa dibuat dari baja, aluminium atau dari serat carbon juga. Jadi untuk serat carbon jenis modular /teralis ini lebih fleksibel dalam penggunaannya. Bisa di gabung antara serat carbon dan baja/aluminium sebagai joinnya.
Dengan paten baru BMW ini akan membuat sasis serat carbon menjadi lebih murah dan cepat untuk bisa diproduksi masal.  Dan tidak menjadi hal mustahil kedepannya motor kelas mainstream pun akan memakai sasis serat carbon. Di tunggu saja gebrakan BMW selanjutnya..
.

Sekian share saya, semoga bermanfaat…

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*