Honda kalah di Sulawesi dan Yamaha raja ekspor

www.goozir.com
Sobat goozir, AHM memang menguasai pasar sepeda motor bulan Agustus ini. Hampir seluruh daerah dikuasainya. Namun ada daerah dimana Honda kalah dari Yamaha dalam hal penjualan. Daerah  tersebut adalah Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Di Sulut  Honda hanya mampu menjual sebanyak 4.104 unit saja sedangkan Yamaha mampu menjual 9.576 unit. Di Sulsel Yamaha menang tipis dengan 12.359 unit dibanding dengan Honda yang hanya 12.126 unit saja.

Di daerah tersebut Yamaha bisa unggul karena nilai sejarah yang ada. Menurut bapak Masykur, daerah tersebut memang mengenal Yamaha sejak era 1980-1990 dengan model mesin 2 taknya. Dan diera 4 tak pun sambutannya semakin baik.
Hal lain adalah soal gengsi dimana masyarakat Sulawesi memiliki gengsi tinggi, mereka ingin memiliki motor yang lebih baik dan memilki kelas sendiri.  Jika di wilayah lain Yamaha Mio banyak diburu di Sulawesi justru Soul GT jadi buruan dan jika di wilayah lain (pulau jawa) banyak yang beli dengan  kredit, di Sulawesi justru banyak yang membeli dengan  cara cash.
Di sisi ekspor, Indonesia mengalami peningkatan dibulan Agustus kemarin. Dari 17.407 motor dibulan Juli menjadi 23.908 motor dibulan Agustus 2015. Ekspor motor Indonesia didominasi oleh Yamaha dengan 17.382 motor, diurutan dua ada Suzuki dengan 2.157 motor, urutan ke tiga ada Honda dengan 2.127 motor, urutan ke empat ada TVS dengan 1.436 motor dan ke lima ditempati oleh Kawasaki dengan 806 motor.
Tujuan ekspor YIMM adalah Eropa, Amerika, dan Asia. Untuk pasar Eropa YIMM mengekspor Yamaha Nmax, MT25 dan R25. Sedangkan untuk pasar Asia Tenggara YIMM mengekspor V-Ixion, MX-King, R15 dan Soul GT. Jumlah masing masing ekspor YIMM meliputi Soul GT = 5000 motor, Nmax = 4.321 motor, R15 = 2.299 motor, R25 = 2.040 motor, MT25 = 1.722 motor, MX King = 1600 motor dan New Byson = 400 motor.
Dari angka ekspor yang ada mengindikasikan bahwa sepeda motor Indonesia mampu bersaing dengan produk luar. Disamping itu juga menandakan bahwa dunia internsional mengakuai kualitas buatan dalam negeri Indoensia dan tentunya mengakui cara kerja dan profesionalitas para pekerjanya.
Sobat goozir, itulah sebagian ulasan dari data AISI mengenai penjualan sepeda motor pada bulan Agustus kemarin. Kedepannya goozir.com berharap kayak AHM, Yamaha dan pabrikan lainya bisa berlomba lomba untuk memperbanyak ekspor. Dengan demikian nilai tukar rupiah terhadap dollar akan bisa stabil atau bahkan setara.  Dan jangan puas karena baru bisa menguasai pasar dalam negeri saja.

Semoga berguna…

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*