Perlukah Indonesia mewajibkan sistem CBS dan ABS untuk sepeda motor

www.goozir.com
Sobat goozir, kecelakan kendaraan bermotor memang tinggi di Indonesia. Baik roda 4 maupun roda 2. Memang lebih rentan dan berpotensi lebih besar untuk terjadi kecelakaan pada motor roda 2. Salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi potensi kecelakaan untuk pengendara roda dua adalah adanya fitur CBS maupun ABS untuk sepeda motor roda 2.

Fitur CBS adalah suatu sistem pengereman yang mengkombinasikan sistem pengereman roda depan dan belakang sekaligus dalam 1 tuas. Jadi hanya dengan menekan satu  tuas, sistem pengereman roda belakang dan depan bekerja secara bersamaan. Sistem ini perlu penyetelan keseimbangan pengereman roda depan dan belakang.
Fitur ABS merupakan suatu sistem pengereman yang bekerja secara elektronik untuk mencegah terjadinya lock braking saat terjadi pengereman terutama saat mengerem mendadak dan keras. Dengan sistem ini terjadi proses buka tutup piston rem secara cepat bisa 15 kali/detik.
Kembali ke  topik, dengan tingkat kecelakaan kendaraan bermotor yang tinggi kayaknya pemerintah perlu turun tangan dengan membuat regulasi tentang kewajiban penggunaan rem dengan sistem ABS maupun CBS. Untuk saat ini motor gede alias berkubikasi besar sudah memakai sistem penegreman ABS, ini memang mutlak diperlukan untuk mengendalikan motor yang berteaga besar. Bahkan metik gede pun sudah mulai mengaplikasikan sitem ABS ini contohnya Nmax.
Untuk sistem CBS juga sudah diaplikasikan pabrikan AHM untuk sekutik mereka. Di negara Eropa sistem ABS sudah di wajibkan untuk dipasang disetiap sepeda motor. Dan  kabar terbaru, pemerintah India sudah menyusun draft peraturan tentang kewajiban pabrikan sepeda motor untuk melengkapi sepeda motor yang dijualnya dengan sistem CBS ataupun ABS untuk produk skutik maupun sport mereka.  Sistem CBS  maupun ABS wajib dipakai untuk sepeda motor berkubukasi mesin 125cc keatas. Itu peraturan yang rencananya nanti dilaksanakan di India.
Rencananya draft peraturan tersebut berlaku mulai 1 April 2017 mendatang. Bagaimana dengan di Indonesia? Di Indonesia sendiri belum ada peraturan yang mewajibkan bagi pabrikan sepeda motor untuk mencangkokan sistem ABS maupun CBS pada produk yang di pasarkan. Saat ini baru sebatas keinginan pabrikan mencangkokan fitur ABS maupun CBS untuk menambahkan value dan nilai jual yang lebih serta menarik minat pembeli.
Menurut goozir.com pemerintah perlu membuat peraturan yang mewajibkan agar pabrikan maupun ATPM menjual produk yang sudah dilengkapi dengan fitur ABS maupun CBS.  Hal ini penting guna meminimalisir terjadinya angka kecelakaan terutama bagi pengendara roda 2. Sekian info dan opini singkat hari ini

Semoga berguna… 

bagikan :

Post Author: goozir

Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *