Gebrak pasar sport 150cc ala Yamaha

2
1
views
www.goozir.com

Sobat goozir, pasar sport roda dua di Indonesia dewasa ini semakin memanas. Paling tidak ada 2 pabrikan besar bersaing di segmen ini. Ada Honda yang di wakili AHM dan ada Yamaha yang di wakili YIMM. Kedua pabrikan memang asal Jepang. Merebut  market share di kelas sport 150cc menjadi target dari salah satu pabrikan yaitu AHM. Jadi jangan heran kalau AHM sampai mengeluarkan 7 (tujuh) varian motor di kelas 150cc.

www.goozir.com

Yamaha yang sementara ini menguasai pasar sport 150cc dengan V-Ixion nya berjuang mempertahankan kedudukannya dari gempuran AHM. Dengan berbagai cara AHM mnegempur dan berbagai cara pula Yamaha mengelak. Dua perseteruan yang kayaknya ga bakal usai.

Membenturkan sebuah produk mirip dengan kompetitor yang menguasai pasar tidaklah salah. Dan tatkala fitur dan desain sudah sama dan bahkan lebih unggul maka sang penguasa harus punya strategi baru. Nah inilah yang mungkin sedang terjadi antara pabrikan AHM dan YIMM.
www.goozir.com

YIMM dengan V-Ixion nya berhasil menguasai pasar sport 150cc. Sementara AHM berusaha mengejar dan menghajar V-Ixion dengan CB150R nya dan nampaknya sudah mulai sedikit membuahkan hasil dengan keluarnya varian terbaru dari CB150R. Memiliki fitur  sedikit lebih baik dari V-Ixion, membuat YIIM harus membackup si V-Ixion jika tidak ingin hal serupa terjadi pada V-Ixion saat Mio series kalah di hajar Beat.

Hadirnya New CB150R menandai babak baru persaingan AHM dan YIMM dalam segmen sport 150cc. Bocoran terbaru mengindikasikan sebuah motor sport 150cc sedang di jajal oleh YIMM. Dengan mengaplikasikan fitur anti mainstream pada sport 150cc yaitu fork USD karena di Indonesia belum ada sport 150cc lokal yang memakai USD.
www.goozir.com

Gebrakan Yamaha ini tentu akan terus dierhatikan oleh kompetitornya. Belum lama AHM melaunching All New CB150R, YIMM sudah mulai bergerak dengan MT15 dengan fitur USDnya. Dan jika benar maka MT15 akan menjadi pioner sport 150cc yang memakai fork USD di Indonesia. Tentu ini menjadi langkah baik buat YIMM untuk tetap  mempertahankan tahta penguasa sport 150cc.

Bagi AHM dengan produk barunya CB150R tak akan mungkin langsung facelift dengan menganti fork USD untuk produknya butuh waktu dan analisa untuk menjadikan new CB150R memakai USD. Nah jika suatu saat sang CB150R memakai USD, YIMM mungkin sudah berinovasi lagi dengan fitur baru lainnya.

www.goozir.com
Menurut opini saya pribadi cukup bagus rencana YIMM. Disaat CB150R baru keluar dan setara /lebih baik dari V-Ixion YIMM keluarkan senjata baru dengan fork USD. Saat ini V-Ixion hanya melakuakan perubahan kecil saja. Sedangkan AHM melakukan perubahan besar terhadap CB150R. perang sesungguhya baru akan dimulai saat MT15 launching dan mengaspal di Indonesia. saat titik inilah kemungkinana AHM akan melakukan sesuatu yang baru, mungkin produk baru akan muncul di kelas sport. Saat itu kita akan tahu bagaimana strategi dari AHM.

Apakah USD fork untuk motor sport 150cc akan menjadi tren dimasa yang akan datang? Kita tunggu saja perkembangannya. Yang pasti jika benar semua penampakan dan spyshot yang udah beredar, pasti akan bikin kojel kojel… Perang sport 150cc kembali memanas…

Semoga berguna…

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here