D-Tech teknologi helm anti ngantuk karya siswa SMAN 3 Semarang

d-tech teknologi
D-Tech teknologi helmetD-Tech teknologi sebuah helm anti ngantuk. Dalam berkendara motor terkadang membuat kita terlena, jalan mulus, lurus  kecepatan konstan enak pokoke. Saat itulah yang bisa membuat kita lengah karena adanya rasa kantuk. Dan kecelakaan bisa saja menanti. Berdasar permasalah tersebut “ngantuk saat berkendara motor” maka SMAN 3 Semarang menciptakan sebuah alat sebagai pencegah ngantuk saat berkendara motor.

Helm D-Tech Teknologi

Teknologi tersebut diberi nama D-Tech. D-Tech memanfaatkan sensor gerak yang dirangkai sedemikian rupa. Teknologi D-Tech dipasang di helm pada bagian samping kanan kiri dan pada bagian atas. Perangkat tersebut disambungkan dengan sebuah speaker kecil yang akan memperingatkan pengendara motor.

www.goozir.com

Cara kerja D-Tech adalah sebagai berikut.

D-Tech merupakan teknologi yang memanfaatkan sensor gerak. Jadi saat ada kendaraan dari arah samping (kanan/kiri) atau dari depan datang dengan cepat maka speaker akan berbunyi kiri, kanan atau depan. Bunyi inilah yang akan mempringatkan pengendara motor. Hal ini juga berlaku saat mengantuk kalau ngantuk kan bisa saja kendaran oleng kemana atau ada kendaran dari depan ngerem mendadak, maka speaker juga akan berbunyi memperingatkan pengendarannya.
Teknologi D-Tech berfungsi sebagai alat peringatan bagi pengendara motor. Jika di produksi maka membutuhkan biaya sekitar 150ribu rupiah per perangkat belum termasuk helm. Jika alat ini diproduksi masal maka akan mengurangi biaya produksi.
Berbanggalah dengan hasil karya anak bangsa. Banyak anak bangsa yang potensial namun malah bekerja untuk negara asing. Ada teknologi yang bisa dibuat secara lokal dan hasil karya anak bangsa malah yang dipakai teknologi dari negara lain. kArepmu opo? Nek aku mikir ngene dadi gregetan yakin.. nek dadi presiden tek celuk kabeh wong Indonesia sing pinter kon mbangun bangsane dewek… aja malah kerja neng negara asing.
Itulah sekilas D-Tech teknologi yang diaplikasikan pada helm karya siswa SMAN 3 Semarang
Baca Juga :

 

bagikan :

8 Comments

    • sip.. semoga pmerintah kebuka hatinya kalau anak bangsa juga dapat bekompetisi… soalnya pemerintah belum kebuka hati sama penmuan karya anak bangsa. liat aja alat yang bs untuk obati kangker. negara luar rebutan. Indonesia malah diem aja.

    • semoga bisa dikembangkan oleh mereka di masa yang akan datang sehingga bentuknya bisa lebih kompak siple dan tetap safety untuk berkendara

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*