Suzuki TU250X setia dengan desain yang sama selama 7 tahun

www,goozir.com
Sobat goozir, mungkin penggemar motor retro sudah tahu Suzuki TU250X. Suzuki TU250X merupkan seri kedua dimana seri pertama adalah TU250. Suzuki TU250X diperkenalkan pertama kali pada tahun 2009. Pada tahun 2016 nanti Suzuki TU250X akan tersedia di seluruh Amerika kecuali California. Suzuki TU250X merupakan sepeda motor yang cocok untuk komuter dan transportasi murah untuk menjelajah kota.

Desain dari 2009 sampai nanti 2016 akan sama. Sasisnya pun tubular alias pipa. Memiliki mesin berpendingun udara. Jika kita melihat pada tangki bahan bakar, terlihat tangki membulat begitu saja tidak ada lekukan. Dengan bentuk yang demikian maka tidak ada penahan bagi lutut saat menjepit tangki, nah kalau kayak gitu maka bisa saja saat ngerem orangnya mlorot kedepan.
www.goozir.com
Terus kita lihat kebagian  lampu sein belakang. Letaknya yang di tengah tengah jok penumpang tentu akan mengganggu penumpang, lebih parah  lagi kalau penumpangnya cewek pakai rok, udah ketutup tuh  lampu sein.  Seharusnya lampu bisa ditempatkan di  bawah stop lamp belakang.
Untuk frame baja tubular dengan  frame utama hanya satu pipa baja dengan 2 pengikat mesin di bagian belakang dan menjadikan mesin bagian dari frame maka hasilnya memang kuat. Mesin juga mendapat aliran udara dengan sempurna untuk mendinginkan mesin.
Namun patut dicatat dengan frame demikian maka mesin tidak medapatkan perlindungan pada bagian bawah mesin sehingga saat menghajar polisi tidur misalnya, mesin bisa kena dan bisa saja bocor . Mesin bocor maka butuh biaya lebih untuk perbaikan.
Suzuki TU250X memiliki diameter pelek 18 inches yang masih memakai ruji. Kelebihan memakai ruji maka peredaman saat menghajar jalanan tidak rata makin baik. Pelek ruji juga lebih menguatkan kesan retro dari motor ini.
www.goozir.com
Beralih ke bagian pengereman . TU250X pada bagian roda depan sudah dibekali pengereman cakram dengan piston kembar dan kaliper hidrolik. Sedangkan pada roda belakang masih setia dengan tipe rem tromol. Penggunaan rem tromol pada bagian belakang juga menambah kesan klasik pada Suzuki TU250X.
Untuk  suspensi depan belakang masih terlihat seperti motor komuter kebayakan. Tidak ada kesan memakai  suspensi modern dan mahal. Memang hal ini akan menunjang kesan retro dari motor itu sendiri.
Secara kesuluruhan Suzuki TU250X sudah terlihat kompak dengan jarak sumbu roda 54 inch, tinggi jok 30,3 inch yang akan membuat pengendaranya rilex karena posisi punggung yang tegak. Panjang motor secara keseluruhan  adalah 81,5 inch. Memang motor ini cocok dikendarai  bagi sebagian besar orang.
Berikut adalah spesifikasi Suzuki TU250X lengkap ; 
Engine : Four-stroke, air-cooled, single cylinder, OHC
Displacement : 249 cc
Bore : 72.0 mm
Stroke : 61.2 mm
Compression Ratio : 9.2:1
Fuel System : Suzuki fuel injection
Starter : Electric
Lubrication : Wet sump
Transmission : Five-speed constant mesh
Final Drive : Chain, DID520V, 108 links
Suspension Front : Telescopic, coil spring, oil damped
Suspension Rear : Swing arm type, coil spring, oil damped
Brakes Front : Disc brake
Brakes Rear : Drum brake
Tires Front : 90/90-18 M/C 51S, tube type
Tires Rear : 110/90-18 M/C 61S, tube type
Ignition : Electronic ignition (transistorized)
Length : 81.5 inches
Width : 29.5 inches
Height : 42.3 inches
Wheelbase : 54.1 inches
Ground Clearance : 6.5 inches
Seat Height : 30.3 inches
Curb Weight : 326 Pounds
Fuel Tank Capacity : 3.2 Gallons
Recommended Fuel : Regular Unleaded
Color : Metallic Fox Orange / Glass Sparkle Black
Price : $4,399
Semoga berguna…

bagikan :

2 Comments

  1. ..
    Suzuki oh suzuki, ga jelas arahnya. Punya andalan fxr, rgr, ts, yang legendaris tapi ga ada pengembangan. Hanya FU aja yang masih terlihat, dan itu juga sudah mulai tergerus sebelah. Tragis
    ..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*