Keuntungan menggunakan ban gambot dan kekurangan menggunakan ban cacing

www.goozir.com
Sobat goozir, fenomena ban pada sepeda motor dewasa ini makin rame saja. Hampir disetiap group sepeda motor merek tertentu dibahas masalah ban. Ada yang bahas ban tapak lebar alias gambot dan ban tapak kecil atau lebih terkenal disebut ban cacing. Ban gambot identik dengan bannya motor sport maupun moge. Namun ban gambot sudah tidak lagi menjadi monopoli/identik dengan motor sport maupun moge lagi.

Kalau sobat goozir ikutan group motor matik disana pasti banyak yang share motor matik pakai ban gambot. Salah satunya saya sendiri yang menjadi korban keganasan ban gambot (artikelnya disini). Ada kelebihan tersendiri dengan menggunakan ban gambot. Diantaranya adalah traksi atau grip ban terhadap aspal atau jalanan akan lebih meningkat.
Dengan grip yang makin besar maka kestabilan motor juga meningkat. Bahkan jika kita punya nyali cornering sampai knee down pun bukan masalah untuk dilakukan, jika memakai ban gambot. Kemudian dengan ban gambot, tampilan motor kita makin gagah dan berisi. Liat aja jika motor sport pakai ban cacing, nelangsa bro, itu kalau menurut saya. Motor matik juga demikian , banyak motor matik yang di jual dengan ban standar yang kurang proporsional dengan bodynya. Alhasil pemilik motorpun mengganti ban standar dengan ban tapak lebar aftermarket.
www.goozir.com
Tidak semua orang suka ban gambot banyak juga orang yang suka ban cacing.  Biasanya ban cacaing digunakan untuk perlombaan drag motor resmi. Namun mereka tidak sembaranag pakai ban cacing dan mereka juga hanya menggunkan ban  cacing untuk kompetisi saja.
Namun lihat dijalanan sekarang ini. Sering kita lihat ban cacing digunakan untuk aktifitas harian. Ini sebenarnya tidak benar. Ada beberapa resiko yang harus ditanggung oleh pemakai ban cacing untuk penggunaan harian. Diantaranya adalah traksi atau grip ke aspal atau jalanan kurang.
Grip yang kurang akan mengakibatan ban slip dan tentu akibatnya bisa fatal. Kalau anda jago mungkin masih bisa mepertahankan keseimbangan namun kalau tidak? Bisa wasalam. Anehnya para pemakai ban cacing adalah anak muda, masih sekolah yang mana untuk mengendarai motor saja belum boleh kalau menurut aturan. Mereka pada umumnya masih labil, emosi belum terkontrol plus memakai motor ban cacing, ya sudah.
Nah belum lagi kalau hujan, pakai ban cacing. Udah jalanan licin daya cengkram ban ke aspal dikit apa lagi kalau jalanan kotor  dengan  tanah merah. Licin… ngerem dikit bisa ngepot, udah ga bisa ngendalikan ya hasilnya crash…
www.goozir.com
Ban cacing juga akan mengurangi kestabilan motor saat di kendarai. Dengan  ban cacing yang kecil harus menanggung beban berat motor dan pengendaranya. Tentunya sangat tidak direkomendasikan. Kena lubang dikit bisa goyang, pelek peang dan parahnya bisa jatuh. Saat pengereman juga akan mengurangi kestabilan akibat beban yang ditanggu roda dan ban cacing berlebih.
Intinya penggunaan ban cacing yang bukan untuk peruntukannya hanya berakibat kerugian belaka. Masih mau pakai ban cacing? atau mau pakai ban gabot saja biar lebih aman dan lebih gagah?

Semoga berguna….

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*