Review ban FDR Sport XR Evo saat diajak perjalanan jauh

3
220
views
www.goozir.com
Sobat goozir, sore ini baru saja saya sampai kembali di Bekasi setelah libur panjang natal. Perjalanan jauh ditempuh kurang labih 960 Km PP. Bagaimana performa ban gambot yang dipakai pada motor saya. Perlu diketahui bahwa motor saya keluaran pabrik Yamaha dengan merek GT125. Memakai ban gambot 90/80-14 depan dan 110/80-14 belakang semua bermerk FDR Sport XR Evo(bukan ban standar lagi).

Perjalan melalui daerah pantura dan jalur tengah dengan variasi jalan aspal dan beton dengan keadaan jalan yang beraneka macam. Ada halus mulus, bergelombang, kasar, berlubang ada naik dan turun. Untuk kondisi lalin sebagian besar lancar dengan macet di lampu merah, pasar dan Pejagan – Bumiayu.
Untuk kecepatan tinggi ban ini sangat mumpuni untuk menangani beban motor dan pengendara. Dari dari kecepatan 0-90KPJ untuk awal perjalan memang sedikit perlu mengurut gas dan dicapai dengan waktu cukup lama. Namun setelah motor terasa panas dan badan juga inginnya geber si motor, kecepatan 90KPJ gampang di raih. Padahal mesin mamsih standar pabrik aja.
Saat bertemu dengan angin kencang saat melibas daerah dengan kanan kiri berupa sawah memang terasa goyang motornya, klo ini menurut saya juga faktor dari motor matik yang beratnya tak seberapa dibanding dengan motor batangan. Namun kinerja ban saya akui joss, masih nempel di aspal dengan baik. Tidak di temukan gejala selip bahkan saat melaju  di jalanan yang basah.
Untuk pengereman mendadak ban ini juga tidak terasa selip, tetap  nempel ke aspal khususnya untuk ban belakang. Berbeda dengan ban standar bawaan pabrik dulu.  untuk cornering juga top banget dah nempel ke aspal dengan sempurna dan tidak selip. Sekali saya bawa ni motor buat hajar jalur Klampok – Gombong via waduk Sempor. Tau sendiri jalanan tersebut, nanjak ga ketulungan belum tikungan tajam naik turun namun dengan ban yang saya pakai tetap enak aja tuh…. Pokoknya mantap…
Semua hanya pengalaman saya pribadi, tidak ada unsur sponsorship ataupun berkaitan dengan pabrikan. Semua murni pengalaman pribadi saya sendiri.
Semoga bermanpangat…

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here