MotoGP Indonesia 2017 batal, terkendala sirkuit

Polemik MotoGP Indonesia 2017

www.goozir.comMotoGP Indonesia 2017 batal. Sobat goozir, ajang bergengsi balap Motor para raja MotoGP yang sekiranya dapat di selenggarakn di Indonesia tahun 2017 terancam batal diselenggarakan. Berdasarkan hasil rapat koordianasi tentang Asian Games XVII dan MotoGP di kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengindikasikan MotoGP Indonesia 2017 batal di selenggarakan Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari otomotifnet, dari penjelasan Puan Maharani sebagai Menko PMK, pembahasan MotoGP Indonesia 2017 mesti dikaji ulang mengingat ketidakpastian fasilitas sirkuit untuk penyelenggaraan MotoGP di Indonesia.

Sempat ada 3 opsi sirkuit pilihan untuk penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2017 yaitu sirkuit sentul, kawasan Gelora Bung Karno dan lahan di Palembang. Namun ketiga opsi tersebut lagi – lagi mesti di kaji ulang oleh Kemenpora. Kemungkinannya adalah untuk meminta pertambahan waktu agar MotoGP Indonesia dapat berlangsung.

Ketiga opsi sirkuit tersebut di atas masing – masing memiliki kendala. Kendala utamanya adalah status hukum pengucuran dana APBN untuk pengadaan sirkuit harus merupakan aset pemerintah pusat. Kita tahu kalau sirkuit sentul merupakan milik swasta. Kemudian untuk lahan di Palembang bukan milik pemerintah pusat dan jika ingin dipakai sebagai sirkuit maka harus di hibahkan ke pemerintah pusat terlebih dahulu. Sedangkan untuk kawasan GBK sudah merupakan aset pemerintah pusat namun memerlukan banyak waktu dan segala sesuatunya untuk memodifikasi menjadi trek MotoGP

Jadi yang menjadi tanda tanya besar adalah, Apakah MotoGP akan berlangsung di Indonesia atau tidak? Jawabnya terletak pada, ada atau tidaknya infrastruktur sirkuit yang layak dan sudah lulus homologasi dari institusi balap motor dunia (FIM), kemungkinannya adalah MotoGP Indonesia 2017 belum bisa terlaksana. (goozir.com)

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*