Cara meningkatkan kinerja Floating Disk Brake

Cara meningkatkan kinerja Floating Disk Brake
Cara meningkatkan kinerja Floating Disk Brake. Sobat goozir, masih ada sedikit ganjalaan soal piringan  cakram rem yaitu soal Floating Disk Brake. Kalau di liat di kamus Floating itu artinya mengambang. Cakram rem terbuat dari besi kok bisa ngambang. Jangan salah bro ya… bukanya sakti atau pakai magic si besi cakram rem floating bisa ngambang. Namun ngambang disini artinya jalur pengeremannya yang dibuat tidak kaku. Maksudnya?

Maksud dari floating atau ngambang ini yaitu dibuat agak oblak kiri kanan. Kalau bahan BCan dulu kayak pelek Mio yang ngegal ngegol/ geal geol. Tapi dalam hal ini bukan berarti piringan cakram remnya rusak ya. Memang sengaja di buat demikian.
Floating disk terdiri atas tiga komponen yaitu Rotor Carrier(yang nempel langsung ke pelek), Brake Rotor (area pengereman yang bergesekan langsung dengan kampas rem) dan Float Buttons (pengunci sambungan antara Rotor Carrier dan Brake Rotor)
Cara meningkatkan kinerja Floating Disk Brake

Bagaimana meningkatkan kinerja dari Floating Disk Brake?

Jika anda pemakai sepeda motor berkubikasi kecil apa lagi buatan Indonesia, sebenarnya tidak cocok kalau memakai Floating Disk Brake tanpa mengganti kaliper rem. Kenapa? Cara kerja sistem pengereman di motor berkubikasi kecil terutama di Indonesia hanya memakai kaliper dengan model piston satu arah yaitu hanya menekan ke arah pelek atau ban. Dengan sistem kerja Floating Disk  Brake yang oblak saat di rem maka menjadi tidak efektif jika memakai kaliper satu piston dengan satu arah.
Solusinya adalah sobat goozir dapat mengganti kaliper standar dengan kaliper radial bisa 4 atau 6 piston sesuai selera dan tentunya doku alias duit. Kaliper radial mempunyai cara kerja mendorong dari 2 arah secara berlawanan sehingga cakram rem di jepit dari kedua arah secara bersamaan. Dalam hal ini kaliper tetap diam sedangkan Floating Disk Brake nya yang bergerak dengan fleksibel.  Dengan demikian rem tidak akan mengunci saat si cakram panas dan memuai.
Jadi cara jitu untuk memaksimalkan kinerja Floating Disk Brake adalah dengan memasangkan Floating Disk Brake dengan Kaliper Radial. Kalau Floating Disk Brake di pasangkan dengan kaliper standar aja bawaan motor yang hanya satu arah ya alamat kinerja Floating Disk Brake tidak akan maksimal. Bahkan kalau Floating Disk Brake terlalu oblak maka pengereman menjadi tidak pakem. Kalau dah tidak pakem? Ya wis pikiren dewek..
Jadi jodoh yang cocok untuk Floating Disk Brake adalah kaliper radial.
Terus apa keuntungan memakai Floating Disk Brake? Keuntungan memakai Floating Disk Brake adalah  untuk mencegah terjadinya panas berlebih dan pemuaian. Memang tidak semua bahan logam mampu menyerap  dan melepas panas dengan baik. Biasanya ada harga ya ada rupa..
Itulah sekilas cara meningkatkan kinerja Floating Disk Brake, mau coba?
yang menarik lainnya:

bagikan :

Post Author: goozir

Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

9 thoughts on “Cara meningkatkan kinerja Floating Disk Brake

    Ahmad Roin

    (19/12/2015 - 07:54)

    Mantaaap ulasane, ditunggu ulasan bahan2 untuk diskbrake nya..

    goozir rakyat kecil

    (19/12/2015 - 08:35)

    masih nunggu duit iki buat ganti floating disk

    Ahmad Roin

    (19/12/2015 - 13:10)

    Duit dicari mas bro, jangan ditunggu. He he, ga dateng2 kecuali punya sigundul.. he he

    Ahmad Roin

    (19/12/2015 - 13:11)

    Duit dicari mas bro, jangan ditunggu. He he, ga dateng2 kecuali punya sigundul.. he he

    momogrosir

    (10/02/2016 - 22:05)

    informasi penting nih

    akum suhada

    (11/02/2016 - 09:01)

    udah pernah coba jadi berisik kalo kena jalanan g rata :v

      goozir

      (11/02/2016 - 09:08)

      ya semua ada efek yang ditimbulkan memang 😀

        akum suhada

        (11/02/2016 - 15:06)

        betul, saran ane biarin aja floating,,jangan dibuat full floating,,dulu ada yang jual cuma kata penjualnya udah g stok karena banyak yang komplen brisik kalo jalanannya g rata

    […] Dari sistem pengereman sudah memakai ABS terlihat jelas dengan adanya tulisan ABS. dari cakram juga terlihat ada semacm jalur sensor. Kemungkinan juga remnya sudah memakai 2 piston di depan terlihat ada 2 tonjolan. Atau apa?  Kalau boleh menduga kayaknya  merknya Nissin . dari bentuk  fork pada  bagian as roda depan ya jelas terlihat itu sudah USD. Dari cakram remnya juga terlihat sudah memakai floating disk brake. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *