Ciri-ciri pelat nomor Kendaraan standar

ciri-ciri pelat nomor kendaraan standarCiri-ciri pelat nomor kendaraan standar perlu sobat goozir ketahui guna menghindari penilangan dan mematuhi aturan berlalu lintas yang benar. Kita ketahui bersama bahwa kepolisian makin gencar menindak pelat nomor kendaraan yang di modifikasi. Dengan pelat nomor modifikasi maka informasi mengenai kendaran yang dipakai menjadi kabur dan menjadi celah kejahatan bagi pihak yang tidak bertanggung jawab.

Seperti apa pelat nomor yang sesuai aturan?

Mulai pertengahan tahun 2014 peraturan mengenai standar pelat nomor kendaraan sudah berubah. Perubahan terutama terjadi pada ukuran pelat nomor yaitu dari yang tadinya ukuran 250 x 105 mm menjadi 275 x 110 mm untuk kendaraan bermotor roda dua dan 395 x 135 menjadi 430 x 135 untuk kendaraan roda 4. Perubahan ini untuk menyesuikan jumlah huruf di belakang nomor dari yang tadinya 2 huruf menjadi 3 huruf. Misal B 0000 KR menjadi B 0000 KRL.

Selain ukuran dimensi pelat nomor kendaraan juga ada perubahan pada list garis yang memisahkan nomor kendaraan dengan tanggal berlakunya pelat nomor kendaraan. Untuk model lama ada garis pemisah antara no kenadaraan dengan masa berlaku pelat nomor sedangkan untuk pelat nomor model baru sudah tidak memakainya.

Untuk model pelat nomor baru, sekarang dilengkapi dengan list garis putih di sekeliling pelat nomor. Kemudian pelata nomor kendaran terdiri dari 2 baris yaitu

baris pertama yang menunjukan : kode wilayah (huruf, misal : B,F,D, dll), nomor polisi (angka, misal: 1234, 5634 dll) dan terakhir kode/seri akhir wilayah (huruf, misal : PDG, KBE dll)

Baris kedua menunjukan masa berlaku dari pelat nomor tersebut. misal 09.21 itu artinya berlaku sampai bulan 9 tahun 2021.

Untuk tanda simbol Polantas dan tulisan “korlantas polri” mengikuti aturan :

  • Simbol Polantas Letaknya berada di Kiri atas plat nomor dan sudut kanan bawah.
  • Tulisan “korlantas polri” terletak di sudut kiri bawah dan sudut kanan atas.

Itulah ciri-ciri pelat nomor kendaraan standar dan sesuai aturan. Apakah pelat nomor kendaraan anda sudah benar? Silakan di cek.

yang menarik lainnya, klik:

 

bagikan :

Post Author: goozir

Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *