Tips memilih busi untuk motor injeksi

0
364
views
tips memilih busi untuk motor injeksi

Tips memilih busi untuk motor injeksi ini semoga memberikan jawaban bagi sobat goozir yang bingung mau memilih busi yang cocok untuk motor injeksi anda. Perlu diketahui bahwa motor injeksi sangat bergantung pada kelistrikan. Motor injeksi juga memiliki banyak sensor yang di kontrol oleh ECU sehingga kinerja motor akan berada pada kondisi yang baik. Salah memilih busi untuk motor injeksi dapat menyebabkan kerusakan dan gagal fungsi dari sensor – sensor yang ada.

Setiap motor injeksi memiliki spesifikasi busi tertentu jadi tidak bisa sembarangan mengganti busi motor asal dratnya sama. Itu salah bro. jangan main pasang busi walaupun dratnya sama. Akibat jika salah pasang busi dalam waktu dekat memang tidak berasa namun lama kelaman motor akan ndut – ndutan pada saat gas ditarik mendadak atau saat sepeda motor berada pada RPM tinggi.

Berikut tips memilih busi untuk motor injeksi.

  • Pilih busi yang sesui dengan rekomendasi pabrikan motor.

Memilih busi yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan motor akan menjamin kinerja busi yang optimal. Pabrikan sudah menentukan busi yang cocok untuk setiap sepeda motor yang dikeluarkannya. Misal untuk busi Xeon RC standar adalah NGK dengan kode CR7E

  • Pilih busi dengan kode R (resistor)

Untuk motor injeksi dengan sensor yang banyak gunakan busi yang sesuai dan memiliki kode “R”. Dalam hal ini kode huruf R bukan berarti Racing tetapi Resistor. Mengapa menggunakan busi berresistor? Sebab saat terjadi loncatan api pada busi terjadi tingkat radiasi dan gelomnag elektromagnetik yang tinggi. Bila tidak memakai resistor maka radiasi dan gelombang elektromagnetik yang tinggi akan mengganggu kinerja sensor – sensor yang ada pada sepeda motor atau bahkan bisa merusak sensor yang ada.

  • Pilih busi dengan resistant yang sesuai

Walaupun kita sudah memakai busi yang memiliki resistor dan memiliki standar yang sesuai perhatikan juga resistannya contoh: busi Jupiter MX NGK CPR8EA-9/ Denso U24EPR-9 sama sama menggunakan resistor dan drat sama untuk V-Ixion. Tapi tingkat resistan untuk V-Ixion berbeda dengan tingkat resistan pada Jupiter MX. Jadi busi Jupiter MX ga bisa dipakai pada V-Ixion.

  • Jika menggunakan busi iridium, pilih yang sesuai.

Busi Iridium memiliki tingkat durabilitas yang lebih baik dari busi standar namun pemakainnya harus sesuai dengan ketentuan dari pabrikan. Jika pabrikan menyediakan busi iridium lebih baik beli langsung ke diler resminya.

cek busi NGK di sini

Itulah tips memilih busi untuk motor injeksi. (goozir.com)

yang lagi hot nih tinggal klik :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here