Fakta cakram rem MotoGP 340mm

fakta cakram rem motogp

Fakta cakram rem MotoGP 340mmFakta cakram rem MotoGP di beberkan oleh Brembo. Brembo merupakan pemasok sektor pengereman dari hampir seluruh peserta dalam MotoGP. MotoGP menjadi ajang pamer motor prototype dari para pabrikan. Mereka berlomba kecanggihan dan kecepatan dari masing masing motor. Bahkan Dorna sampai turun tangan langsung dalam regulasi. Pabrikan yang kaya modal maka kan semakin canggih dan akan sulit di saingi oleh pabrikan lain.

Fakta – fakta cakram rem MotoGP

Pembatasan pembatasan dengan aturan baru pun dilakukan. Semua dilaksanakan demi balapan yang lebih kompetitif dan adil serta meminimalkan cost. Kalau dibiarkan dengan aturan semula maka pabrikan lain akan mundur teratur dan akhirnya bubar deh MotoGP akibat kalah persaingan bagi pabrikan minim modal. Walaupun dibatasi dengan berbagai aturan motor balap MotoGP makin lama makin kencang dan Brembo harus terus berinovasi untuk mengendalikan kecepatan motor tersebut. berikut beberapa fakta menarik terkait cakram rem dari Brembo yang di pergunakan dalam balap MotoGP

  • Cakram rem Brembo yang dipakai saat ini terbuat dari serat karbon dengan ukuran 340mm/34cm dari sebelumnya yang 320mm.
  • Beda bobot antara 320mm dengan  340mm hanya 100gram saja.
  • Berat cakram pada motor MotoGP cuma 1,3 kg
  • Beda suhu antara cakram 320mm dengan 340mm adalah 100 derajat. Bisa dibayangkan jika suhu maksimum cakram saat di pakai bisa mencapai 800 derajat.
  • Pada tahun 2015 ada ventilasi di bagaian pengereman namun bukan pada cakramnya melainkan pada kalipernya.
  • Sistem pengereman di MotoGP dan di F1 berbeda. Di MotoGP rem hanya sekedar untuk mengurangi kecepatan dan keamanan sedangkan pada F1 berfungsi juga untuk aerodinamis dan menghangatkan ban.

Itulah sekilas fakta cakram rem MotoGP memiliki peran penting. Pada suhu tinggi rem masih berfungsi dengan baik. Kalau dibuat asal pasti sudah tidak dapat bekerja dan bisa dibayangkan apa yang terjadi. Penggunaan karbon tentu untuk lebih meperingan bobot dan juga untuk durabilitas pada suhu tinggi.

Penelitian dan peningkatkan sistem pengereman dari Brembo terus dilakukan mengingat motor makin lama juga makin cepat walaupun bebagai aturan untuk pembatasan terus ada.

Baca juga :

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*