Pilih Supra GTR 150 atau MX King

Pilih Supra GTR 150 atau MX KingPilih Supra GTR 150 atau MX King, Mungkin itulah yang sobat goozir pertimbangkan ketika memilki duit dan menginginkan sepeda motor bebek super. Honda hadir dengan Supra GTR 150 sedangkan Yamaha hadir dengan MX King. Keduanya mengusung mesin yang berbeda. Supra GTR150 memakai mesin DOHC sedangkan MX King memakai mesin SOHC. Perbandingan keduanya diatas kertas sudah goozir.com bahas di sini.

Sudah di sebutkan keduanya berbeda di sektor mesin yaitu DOHC dan SOHC. Kelebihan DOHC adalah lebih mempunyai power dan nafas panjang di RPM tinggi. Jadi untuk mendapat top speed mesin DOHC lebih unggul. Gesekan Kem cenderung lebih berat. Namun untuk Supra GTR 150 sudah dibekali rocker arm yang bisa membantu meminimalkan gesekan Kem.

Mesin SOHC memilki kelebihan dimana gesekan Kem lebih ringan dibanding dengan DOHC. Namun untuk bermain di putaran mesinn tinggi mesin SOHC masih kurang mendukung. Mesin SOHC lebih unggul pada putaran bawah hingga menengah selebihnya nafas akan habis dan power berkurang.

Itu jika Supra GTR 150 dan MX King diperbandingkan secara mesin. Supra GTR 150 mempunyai power lebih di kitiran tinggi sedangkan MX King lebih baik di putaran mesin rendah hingga menengah.

Akselerasi Supra GTR 150 dan MX King

Kebutuhan motor untuk seharai hari tentu sangat beragam ada yang buat berdagang, ada yang but transportasi harian ke tempat kerja. Ada pula yang khusus untuk touring atau balap. Semuanya pasti menyalip kendaraan lain. Kali ini kita lihat mana yang lebih jago nyalip kendaraan lain dalam berkendara harian. Untuk mengetahui mana yang lebih baik dalam mnyalip kendaran lain, kita dapat mengetahuinya dari data akselerasi. Akselerasi disini bukan dari diam ke angka berapa namun berupa overtaking acceleration. Jadi dari motor dari keadaan berjalan untuk mencapai kecepatan tertentu.

Data yang goozir.com pakai adalah data dari otomotif yang sudah diolah oleh tmcblog.

Data pertama berupa data overtaking accelerasi dari kecepat 60km/jam ke 80km/jam. Dengan kata lain berapa waktu yang diperlukan untuk mencapai kecepatan 80km/jam dari motor yang bergerak dengan kecepatan 60km/jam. Jelas ini penting saat akan menyalip kendaraan lain. berikut data dari kedua bebek super. Pilih Supra GTR 150 atau MX King

Dari data terlihat bahwa Supra GTR 150 memerlukan waktu 3,2 detik untuk berakselerasi dari 60km/jam menjadi 80km/jam. Sedangkan MX King hanya butuh 3 detik untuk melakukan hal yang sama. Jadi ada beda 0.2 detik lebih cepat untuk MX King dibanding dengan Supra GTR 150. Hasil ini wajar karena tipe mesin keduanya berbeda. Di rentang kecepatan 60-80km/jam termasuk dalam rentang kecepatan sedang. Posisi ini mesin SOHC lebih unggul karena power dari SOHC memang unggul di putaran bawah hingga menengah.

Kemudian data kedua adu akselerasi dari kecepatan 80km/jam menjadi 100km/jam. Lihat data berikutPilih Supra GTR 150 atau MX King

Dari data kedua terlihat MX King butuh waktu 6.1 detik untuk mencapai kecepatan 100km/jam dari kecepatan awal 80km/jam. Sedangkan Supra GTR 150 dapat emncapai kecepatan 100km/jam dari kecepatan 80km/jam dalam waktu 4,7 detik saja. Jadi dari data tersebut Supra GTR 150 lebih unggul untuk menyalip kendaraan lain dalam rentang kecepatan 80-100km/jam. Hasil ini juga wajar mengingat karakteristik mesin DOHC yang memilki nafas lebih panjang di putaran menengah hingga atas.

Putuskan pilih Supra GTR 150 atau MX King

Dari semua data dan informasi tentang Pilih Supra GTR 150 atau MX King dapat dirangkum sebagai berikut

  • Mesin SOHC unggul di putaran mesin bawah hingga menengah (galak diputaran bawah hingga menengah). Jenis mesin ini cocok untuk stop dan go serta perjalanan jarak pendek atau macet. Untuk menyalip kendaraan lain kecepatan optimal ya direntang 60-80 km/jam. Apa anda mau nyalip kendaraan lain yang kecepatannya 90km/jam? Kalau goozir.com si ogah. Riskan bro… kecuali balap lo ya…
  • Mesin DOHC unggul di putaran mesin menengah hingga atas (galak di putaran menengah hingga atas). Jenis mesin ini cocok untuk perjalanan jauh/touring.
  • Untuk penggunaan sehari hari, jarak pendek stop dan go macet dll, MX King lebih cocok.
  • Untuk penggunaan jarak jauh dan yang suka topspeed tinggi cocok menggunakan Supra GTR 150.

Secara fungsi dan tujuan penggunaan keduanya lebih cenderung ke segmen yang berbeda. Ini jelas untuk dapat saling bersaing dengan sehat tentunya. Bukan berarti Supra GTR tidak boleh buat jarak pendek stop dan go serta macet atau MX King tidak boleh buat touring dan jarak jauh, namun kita haruslah lebih bijak menentukan pilihan. Secara kualitas keduanya pasti bagus, Jepang punya. Faktor lain tentu selera. Kalau sudah bicara selera sudah ga ada yang namanya untung rugi dan lainnya.

Itulah sedikit membahas mengenai Supra GTR 150 dan MX King. Pilih Supra GTR 150 atau MX King terserah pada sobat goozir saja. kami hanya mencoba membantu membedah dan meberikan informasi sebatas yang goozir.com mengerti.

Baca juga :

bagikan :

Post Author: goozir

Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

4 thoughts on “Pilih Supra GTR 150 atau MX King

    tukangribut

    (21/06/2016 - 13:06)

    nyalib di kecepatan 60-80 (kec rendah cuma beda 0,2 detik, kagak ngaruh kali) toh cuma 0.2 detik belum sempat liat spion. bedahal klo 1.5 detik…mesinne meraung raung tp motornya nyusul kemudian

      goozir

      (21/06/2016 - 15:31)

      kalo balap ngaruh ๐Ÿ˜€

    tomcat

    (25/07/2016 - 07:31)

    Mx king doooooong….stop n go bwt kmacetan cucok…macet bkn milik jakarta aza tp udah merata kmn mn…inilah prestasi yg paling membanggakan…pemerataan kemacetan

      goozir

      (25/07/2016 - 13:55)

      wow gitu ya…bukan pemerataan pembangunan ya? yang pasti pemerataan kredit.. ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *