Transmisi semi otomatis TVS

0
190
views
Transmisi semi otomatis TVS

Transmisi semi otomatis TVSTransmisi semi otomatis TVS dipatenkan. TVS sebagai pabrikan terbesar ke 3 sepeda motor di India dengan produksi 3,2 juta,  patenkan Semi-Automatic  Transmission (SMT) untuk dipakai pada sepeda  motor. Nantinya pengendara cukup menekan tombol di stang untuk berpindah gigi. Jadi nantinya tidak perlu repot – repot tekan kopling untuk berpindah gigi.

Cara kerja transmisi semi otomatis TVS

Cara pengoperasiannya  tidak sulit,  ketika pengendara ingin berpindah gigi, cukup dengan menekan  semacam switch  yang terletak di stang. SMT dari TVS dapat di gabungkan ke motor sehingga saat mengaktifkan melalui saklar  motor juga hidup. Untuk implementasinya atau penerapannya kemungkinan akan ada 2 saklar (mungkin + dan – ).

Dengan mengunakan SMT akan memudahkan dan mengurangi kerja kaki  dan tangan saat sifting gigi. Karena absennya tuas kopling maka slip kopling juga menjadi terhindari. Tidak ada slip koling akan membuat bahan bakar sepeda motor akan makin irit. Keiritan bisa mencapai 5-6% untuk perjalanan kota.

Sebagai uji coba transmisi semi otomatis TVS akan dipasang  pada sepeda motor kecil semisal model bebek.  Contohnya TVS Neo.  Transmisi semi otomais TVS bukan untuk menyaingi Dual Clutch Transmission dari honda yang diterapkan pada VFR1200F dan Africa Twin.

Patut di apresiasi apa yang sudah dilakukan TVS untuk SMT  nya. Tentu hal tersebut menjadi sebuah gebrakan bagi TVS dalam pemasaran roda dua nantinya. Sementara itu dulu yang bisa kami share buat sobat goozir berkaitan dengan transmisi  semi otomatis  TVS.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here