Riding mode CBR250RR

Riding mode CBR250RR

Riding mode CBR250RRRiding mode CBR250RR di aplikasikan pada All New CBR250RR. Fitur ini memungkinkan dipakai karena pemakain selongsong gas tanpa menggunakan kabel seling konvensional alias Throttle By Wire pada CBR250RR.  Berbeda dengan throttle gas pada umumnya yang memakai tali seling untuk menyambungkan antar throttle body dengan selongsong gas di stang kanan.  Canggih dong CBR250RR? Ya canggih lah…

Throttle By Wire ini  memilki 3 bagian penting yaitu

  • Throttle Position Sensor / TPS

Bagian ini berfungsi untuk mendeteksi pergerakan selongsong gas. Sehingga saat selongsong gas diputar kuat untuk menambah power maka sensor ini yang akan menerimanya dan meneruskannya ke Control Module.

  • Throttle Actuator

Disini lah baggian kupu kupu berada dimana akan mmbuka sesuai dengan sinyal yang diterima dan diselaraskan dengan betotan selongong gas pada stang kanan. Bagaian ini akan mendapat input dari Control Module.

  • Control Module

Bagian ini berfungsi menterjemahkan informasi yang diterima dari Throttle Position  Sensor kemudian diteruskan ke Throttle Actuator untuk di kerjakan. Jadi bagian ini sebagai pemroses data dari TPS untuk di laksanakan di Throttle Actuator.

Bagaimana cara kerja Throttle By Wire?

Throttle By Wire bekerja secara elektronis. Tidak membutuhkan kabel seling. Pertama tentu pengendara mengunaka selongong gas yang di pakai untuk memperbesar atau memperkecil power yang diinginkan saat berkendara. Gerakan selongsong gas ini dibaca oleh Throttle Position Sensor. Nah dari TPS ini kemudian di salurkan ke Control Module untuk di terjemahkan dan di analisa, setelah itu informasi data yang diterima dan diolah akan di teruskan ke Throttle Actuator dan disinilah plat kupu kupu akan bekerja membuka menutup sesuai input data dari Control Module.

3 Riding mode CBR250RR

Dengan fitur Throttle By Wire CBR250RR maka pada All New Honda CBR250RR bisa di cangkokan fitur lain. salah satunya adalah fitur riding mode. Tahu ga jika CBR250RR memiliki 3 opsi riding mode? Mari kita sedikit bahas.

3  mode riding pada CBR250RR

  • Mode Comfort

Mode confort dipakai jika sobat goozir berkendara menggunakan CBR250RR untuk perjalanan Touring. Memberikan kennyaman berakselerasi pas buat perjalanan jauh.Riding mode CBR250RR

  • Mode Sport

Mode sport bisa sobat goozir gunakan saat berkendara CBR25RR untuk berkendara sehari-hari. Mungkin bisa dibilang ini mode standar  dari CBR250RR.Riding mode CBR250RR

  • Mode Sport+

Mode sport+ bisa sobat goozir gunakan saat berkendara CBR250RR untuk berkendara yang lebih agresive lagi. Mungkin cocok dipakai saat balap atau di sirkuit kali ya.Riding mode CBR250RR

Itulah 3 riding mode CBR250RR yang bisa sobat goozir pilih dengan adanya Throttle By Wire CBR250RR. Sebenarnya dari Thorttle by wire ini bisa di pasang juga traction control, cruise cotrol dll tapi untuk CBR250RR baru ada riding mode. Kalau mau lengkap bisa bengkak harganya dong.

Throttle By Wire CBR250RR dan Riding mode CBR250RR menjadikan Honda CBR250RR menjadi sepeda motor tercanggih di kelasnya. Pesaingnya R25 dan Kawasaki 250 belum mengaplikasikan fitur tersebut. Tinggal menunggu reaksi Yamaha dan Kawasaki, bagaimana mereka kedepannya.

Baca juga :

bagikan :

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*