Modif ringan Honda CBR250RR dengan Piggyback Ninja

Modif ringan Honda CBR250RR dengan Piggyback Ninja

Modif ringan Honda CBR250RR dengan Piggyback NinjaModif ringan Honda CBR250RR dengan piggyback Ninja sukses menaikan power dan torsi Honda CBR250RR. Piggyback berfungsi memanipulasi data sehingga dapat meningkatakan pembakaran lebih baik. Manipulasi dilakukan karen sistem ECU motor injeksi diberi kunci sehingga tidak mudah untuk mengotak atik program di ECU nya. Bahkan dealer resmi pun tidak bisa sembarangan mengotak atik ECU ini. Piggyback menjadi salah satu solusinya.

Modif ringan Honda CBR250RR dengan Piggyback Ninja naikan power CBR250RR hingga 1,5 HP

Modul Piggyback yang dipakai adalah Power Commander V dari Ninja 250. Pemakaian PCV dari Ninja dilakukan karena belum ada PCV khusus untuk CBR250RR. Perubahannya pun masih sebatas AFR nya aja alias Air Fuel Ratio alias pengatuaran pencamuran bahan bakar dan udara. Sementara untuk pengaturan derajat pembakaran tidak bisa dilakukan.  Tuningnya sendiri dilakukan per tingkat presentase mulai dari 5 persen hingga 100 persen atau dimulai dari kitiran mesin 2000 RPM hingga limiter.  Besaran AFR di atur melalui komputer untuk mendapatkan tingkat campuran udara dan bahan bakar yang lebih basah untuk meningkatkan tenaga dan menjaga mesin tetap dingin. Konsekuensi dari setting basah ini adalah BBM lebih boros.modif-ringan-honda-cbr250rr

Setelah melakukan perubahan yang diperlukan maka hasil dari modif ringan Honda CBR250RR dengan Piggyback Ninja dilakukan. Honda CBR250RR di test di alat Dyno test. Dan hasilnya adalah power naik 1,5 hp dan torsi naik 0,75Nm. Power on wheel Honda CBR250RR pabrikan adalah 30,38 HP dan torsi 18,51Nm. Setelah memakai PCV dari Ninja 250 dengan pengaturan AFR,  power meningkat menjadi 31,65 Hp dan torsi menjadi 19,26 Nm. Perubahan yang dilakukan hanya pada penggunaan PCV dan setting AFR selain itu semua komponen motor masih standar ting ting.

Sepertinya Honda CBR250RR memang memiliki potensi power yang bisa digali lebih tinggi lagi. Mungkin kalau sudah ada PCV khusus untuk Honda CBR250RR dan mesin sudah sesuai pada dudukannya maka power dan torsi bisa lebih njengat lagi. Potensi Honda CBR250R di ajang balap dipastikan akan makin joss dengan piranti racing yang joss. Baru pakai PCV Ninja aja sudah joss… yuk baca yang jozz  jozz lainnya di goozir.com

bagaiamana sob, tertarik melakukan modif ringan Honda CBR250RR dengan Piggyback Ninja ? mantap kan. Ya itu baru melakukan modif secara ringan bro. kalau dah di modif abis abisan dengan piggyback khusus untuk CBR250RR pasti akan lebih juozz gandos lagi.

Sumber: om leo

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*