Prosedur dan mekanisme E-Tilang

4
241
views
Prosedur dan mekanisme E-Tilang

Prosedur dan mekanisme E-TilangProsedur dan mekanisme E-tilang wajib di ketahui. Mulai 16 Desember 2016 E-Tilang akan di berlakukan di Indonesia secara menyeluruh. E- Tilang merupakan suatu penerapan tilang terhadap pelanggar lalu lintas bagi kendaraan bermotor yang dilakukan secara elektronik. Dalam hal ini polisi akan menggunakan sebuah aplikasi untuk proses tilang. E-Tilang di berlakukan untuk memperpendek birokrasi dan mecegah pungli dan main mata antara polisi dan pelanggar.

Tujuan dari E-Tilang

  1. Meminimalisir tindak memeras atau menerima suap dari oknum penegak
  2. Memberantas calo dan oknum petugas yang mempermainkan pelanggar di pengadilan.
  3. Membuat pelanggar menyadari dampak pelanggaran yang dilakukan.
  4. Dengan E-Tilang bisa berfungsi sebagai penyelamatan, pencegahan, memberi edukasi dan pelayanan prima.
  5. Denda tilang lebih mudah di audit secara transparan, dikontrol penyalurannya dan pemanfaatannya.
  6. Sebagai salah satu wujud modernisasi menuju sistem tilang secara elektronik yang implementasinya dapat dilakukan secara manual, online maupun elektronik.

Dengan E-Tilang maka kita tidak perlu ngantri sidang di pengadilan. Bahkan kita bisa mengambil SIM/STNK yang disita saat itu juga dengan catatan sudah membayar denda tilang.

Prosedur dan mekanisme E-Tilang di Indonesia

Dari tribunnews diperoleh informasi bahwa E-Tilang akan diberlakukan  di seluruh Indonesia mulai 16 Desember 2016. Berikut prosedur dan mekanisme E-Tilang secara lengkap yang berlaku di Indonesia.

  1. Saat terjadi pelanggaran polisi akan mencatat pelanggaran langsung di aplikasi E-Tilang.
  2. Polisi akan mengimput data pelanggar dan pelanggaran yang dilakukan
  3. Setelah semua di imput maka muncul denda yang harus di bayar.
  4. Jika pelanggar memilki aplikasi E-Tilang maka dapat mengetahui denda yang harus dibayar dan bisa langsung melakukan pembayar melalui aplikasi.
  5. Pembayaran juga bisa melaui e-banking/m-banking atau ATM atau setor langsung bekerjasam dengan bank.
  6. Membawa bukti bayar ke polisi dan bisa langsung ambil SIM /STNK yang disita
  7. Sidang tetap dilakukan dan biaya denda diputuskan.
  8. Jika berdasar keputusan pengadilan ternyata denda lebih kecil dari denda yang sudah di setor maka pelanggar akan mendapat notifikasi lewat SMS dan otomatis kelebihan bayar denda akan ditransfer balik ke pelanggar.

Keuntungan yang bisa diperoleh adalah kemudahan dan kecepaatn proses. Kita tidak perlu bolak balik untuk sidang dll. Apalagi bila ditilang dalam perjalanan jauh. Namun kemudahan bukan berarti tanpa kelemahan. Memang saat ditilang bisa langsung diurus tapi ya kita harus siap dengan duit di rekening dengan bank yang sudah bekerjasama dengan Polisi dalam menjalankan E-Tilang.

Bagi sobat yang mau mengunduh aplikasi E-Tilang bisa mendowloadnya di playstore bagi pengguna android. Baca juga artikel pilihan gozzir.com lainnya bro

Kemudahan sudah di sediakan namun walaupun mudah lebih baik kalau kita taat dengan peraturan lalu lintas yang ada. Prosedur dan mekanisme E-tilang, mudah dan gampang.

4 COMMENTS

  1. ada yang bisa bantu kah ?
    saya di tilang karna gak pake helm dan di surat tilang nya dilingkari biaya yang harus di trf 100,000 tetapi saya dapat sms pemberitahuan bahwa dendanya 250, 000 ..
    kok bisa beda yaa.. yang benar yang mana yaa ?

    • kalau pakai etilang bayar denda maksimal. untuk ga pake helm 250rb. nanti dapat sms hasil sidang. jika hasil sidang didenda 100rb maka sisa dari 250rb tadi bisa diambil di bank yang kerjasama dengan etilang (misal BRI). setahu saya begitu bro. belum pernah kena tilang soalnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here