Engine ASimetrycal Yamaha

R15 lama pakai Suspensi USD R15 baru, bisakah?

Engine ASimetrycal menjadi salah satu bagian dari motor baru Yamaha R15 2017. Sebelumnya goozir.com pernah membuat artikel tentang komparasi Yamaha R15 2017 VS CBR150R. di artikel tersebut ada istilah engine A-Simetrycal. Berhubung saat itu belum tahu apa pengertian dan bagaimana tentang engine A Simetrycal maka belum goozir.com bahas. Nah hari ini goozir membaca artikel tentang engine A Simetrical, mari kita cari tahu tetang engine A Simetrycal itu.

Tentang Engine ASimetrycal Yamaha

Jika di lihat dari tulisannya ASimetrycal. Awalan A biasanya mengacu pada pengertian tidak, tidak disini setara dengan arti non. Misal non komersial berarti tidak komersial. Maka untuk ASimetrycal bisa di artikan secara umum sebagai engine yang tidak simetrik atau asimetrik. Apanya yang asimetrik?

Membaca artikel pak taufik di sana,Yang tidak simetrik dalam hal ini adalah dari komponen mesin yaitu piston. Saat mesin bekerja piston bergerak maju mundur/naik turun. Saat naik turun/maju mundur tersebut dome piston menjadi tidak simetris. Hal tersebut terjadi karena perbedaan in dan out. Silahkan dibayangkan saat piston naik turun permukan piston pasti tidak simetrikEngine ASimetrycal Yamaha

Mesin asimetrik tidak lepas dari adanya fitur Offset  Cylinder. Fitur Offset Cylinder tersebut diadopsi pada mesin dengan dimensi piston hampir sama atau near square. Dengan adanya offset Cylinder maka pergerakan piston kekanan dan kekiri dapat diminimalisir. Sehingga pergerakan piston tetap lurus. Dengan pergerakan piston yang tetap lurus maka gesekan dengan dinding silinder kan semakin kecil. Dari hal tersebut maka performa mesin dapat meningkat serta keawetan piston bisa terjaga. Selain itu getaran mesin juga bisa di minimalisir.Engine ASimetrycal Yamaha

Jadi engine ASimetrycal tak lepas dari fitur Offset Cylinder. Offset Cylinder sendiri sudah dipakai oleh Yamaha pada generasi R25 dan kini menurun pada All New Yamaha R15 2017.

Apakah Honda juga memakai fitur yang sama? Goozir.com belum tahu persis dengan hal tersebut. namun jika goozir.com boleh meraba-raba, kemungkinan Honda juga sudah memakai fitur tersbut. Kita tahu bahwa Honda menggunakan mesin near square pada mesin Sonic, CB150R, CBR150R dan Supra GTR150. Dengan piston near square kemungkinan Honda juga sudah memakai fitur tersebut. Itu baru pendapat goozir.com pribadi.

Jangan lupa baca info pilihan goozir.com dibawah ini ya sob

Belum sempurna memang penjelasan goozir.com  tentang engine A Simetrycal namun kita bisa medapatkan sedikit gambaran tentang Engine A Simetrycal tersebut. terimakasih sudah mampir ya. Silakan di share jika bermanfaat.

bagikan :

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*