Modif Yamaha R15 lama pakai Assist slipper clutch

Modif Yamaha R15 lama pakai Assist slipper clutch mungkinkah untuk dilakukan? Fitur teknologi baru Yamaha R15 2017 adalah adanya Assist dan Slipper Clutch. Teknologi ini biasanya di pakai oleh sepeda motor dengan kubikasi besar A.K.A moge. Saat sepeda motor kelas menengah memakai fitur Assist Slipper clutch maka menjadi sebuah terobosan baru dan Yamaha R15 2017 memakainya.

Bisakah Modif Yamaha R15 lama pakai Assist slipper clutch?

Jika ada sobat goozir yang bertanya maka anda sudah tepat di blog ini.  Namun sebelum menjawab pertanyaan tersebut kita bahas sedikit fungsi dari Assist dan Slipper Clutch.

  • Assist Clutch

Assist  Clutch berfungsi memperingan kerja tuas kopling sehingga saat pindah gigi menjadi ringan dan tangan tidak mudah capek. Tuas koling enteng di remas dan perjalanan sobat goozir akan nyaman.

  • Slipper Clutch

Slipper Clutch merupakan teknologi mesin motor yang fungsinya meminimalisir atau menghilankan sama sekali torsi berlebihan yang timbul saat melakukan down shift secara extrem. Mungkin sobat goozir pernah melakukan penurunan gigi secara extrem misal dari gigi 6 ke gigi 3. Saat dilakukan hal tersebut biasanya terjadi torsi yang berlebih (back torque) akibat putaran mesin lebih rendah dibanding dengan putaran roda belakang. Akibatnya roda ban belakang bisa mengunci dan fatalnya bisa terjadi kecelakaan akibat roda belakang tidak bergerak. Assist Clutch inilah yang berperan mencegah back torque terjadi.

Dengan kombinasi Assist Slipper Clutch maka berkendara akan semakin nyaman dan lebih aman. Pertanyaan besarnya adalah bagi pengguna Old Yamaha R15 apakah Modif Yamaha R15 lama pakai Assist slipper clutch bisa di lakukan?Modif Yamaha R15 lama pakai Assist slipper clutch

Untuk menjawab hal tersebut goozir.com melansir jawaban dari kompas otomotif. Menurut Ridwan Arifin salah satu Service Education PT. YIMM memberikan jawaban bahwa pada dasarnya, memasang Assist Slipper Clutch pada Old Yamaha R15 bisa dilakukan namun semua komponen kopling harus di ganti. Hal tersebut harus dilakuakan karena semua bagian dari kopling Old Yamaha R15 benar-benar berbeda dengan komponen kopling pada  all new Yamaha R15 2017 VVA. Untuk mendapatkan seluruh komponen kopling dari All new Yamaha R15 2017 harganya lumayan mahal.

Baca juga info pilihan goozir.com lainnya bro..

Jadi bisakah Modif Yamaha R15 lama pakai Assist slipper clutch ? jawabannya bisa namun harus keluar duit banyak karena harus beli seluruh komponen kopling dari ALL new Yamaha R15 2017 VVA

bagikan :

Post Author: goozir

Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *