R15 lama pakai Suspensi USD R15 baru, bisakah?

R15 lama pakai Suspensi USD R15 baru, bisakah?

R15 lama pakai Suspensi USD R15 baru? Mungkin ada dari sobat goozir yang bertanya demikian. Ya kita ketahui bersama bahwa Yamaha YZF R5 VVA memiliki Suspensi depan Upside Down. Suspensi USD memiliki nilai dan gengsi tersendiri bagi para biker. Mungkin ada biker yang sayang mengeluarkan duit lagi buat beli yang baru padahal dia sudah punya Yamaha R15 model lama. Apa mungkin mengaplikasikan USD R15 model baru ke R15 model lama?

Bisakah R15 lama pakai Suspensi USD R15 baru? Pertimbangkan resikonnya.

Menurut Ferry, Service Education YIMM dilansir dari detik.com bisa saja memakai suspensi USD dari Yamaha R15 baru ke Yamaha R15 model lama. Namun modifikasi tersebut bukan tanpa resiko. Setiap sepeda motor yang dikeluarkan oleh pabrikan sudah di perhitungakan semua termasuk titik keseimbangan sebuah sepeda motor.

Jika R15 model lama memakai Suspensi USD maka keseimbangan akan berubah dan efeknya kestabilan motor juga akan terganggu. Bobot suspensi USD lebih berat bila dibandingkan dengan suspensi teleskopik biasa. Inilah yang mengakibatkan keseimbangan R15 dapat terganggu.

Suspensi USD lebih berat maka bobot motor bagian depan akan bertambah. Motor jadi kurang stabil dan keseimbangan juga mungkin akan terganggu. Kalau untuk  sekedar pemanis atau bergaya bisa saja di aplikasikan namun kalau dipakai buat harian harus dipertimbangkan baik baik. R15 lama pakai Suspensi USD R15 baru, bisakah?

Bagi para modifikator yang sudah berpengalaman mungkin sudah biasa meriset dan membuat ubahan titik kesemimbangan baru. Kalau mampu menghitung ulang rasio keseimbangan dengan memasang suspensi USD maka bisa saja R15 lama memakai suspoensi USD R15 baru.

Baca juga info pilihan goozir.com dibawah ini bro

 

R15 lama pakai suspensi USD R15 baru pada dasarnya bisa dilakukan namun ada resiko yang harus di tanggung. Kalau untuk sekedar memperkeren tampilan old R15 maka pemasangan USD pada R15 lama bisa dilakukan. Pertimbangkan juga resikonya bro

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*