Smart Motor Generator Yamaha

Smart Motor Generator Yamaha

Smart Motor Generator (SMG) menjadi tekonologi terbaru Yamaha. SMG di pakai pada Aerox 155 VVA yang belum lama ini sukses mengadakan inden online. Smart Motor Generator dipakai untuk mendukung kerja Stop Start System. Secara general SMG mirip fungsinya dengan (Alternator Current Generator) ACG yang dipakai oleh Honda.

Secara lokasi SMG memiliki poros yang terhubung langsung ke Cranshaft. Kelebihanya dinamo akan memutar secara langsung tanpa melalui gear penghubung. Dampak baiknya suara saat starter akan menjadi halus.

Cara kerja Smart Motor Generator

Sudah disebutkan bahwa SMG membantu berfungsinya Stop Start System dan suara starter yang halus. Cara kerja dari Smart Motor Generator sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Smart Motor generator sebagai starter

SMG bekerja dengan cara menggunakan arus berlawanan arah. Pada saat starter motor yang terjadi adalah kutub atau pole spul dialiri listrik sehingga menghasilkan medan magnet. Adanya medan magnet maka magnet akan berputar karena adanya perbedaan kutub tadi. Masih ingat pelajaran IPA tentang magnet? Intinya ada gaya tarik menarik dan tolak menolak akibat persamaan atau perbedaan kutub magnet. Dan akhirnya mesin bisa menyala.

  1. Smart Motor generator sebagai generator

Setelah mesin menyala maka SMG menjalankan fungsi generator. Generator menghasilkan listrik. Nah fungsi generator ini menyuplai/pengisian daya listrik ke aki/baterai. Jadilah fungsi ganda dari SMG, sebagai alat untuk starter dan sebagai  generator dalam pengisian baterai/aki.

Dua fungsi tersebut tidak dapat berjalan tanpa adanya Starting Generator Control Unit (SGCU). SGCU lah yang menjadi komandan kapan Smart Motor Generator menjadi generator murni dan kan SMG berperan saat starter motor. Untuk timingnya sendiri dipegang oleh sensor Hole. Bukan Pitch  yang dibaca oleh Crankshaft Posistion Sensor.

SGCU pada dasarnya sebuah relay yangmengubah starter menjadi generator. SGCU letaknya menjadi satu dengan ECU (Electromic Control Unit) ECU pada Aerox 155 VVA terletak di baiik dek depan kanan tepat dibawah kontak.

Baca juga info pilihan goozir.com dibawah ini bro

Smart Motor Generator memiliki fungsi penting pada motor Yamaha. SMG memegang peran penting pada fungsi elektronik pada Motor Yamaha.

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*