Speedometer motor Mati dan perbaikannya

0
50
views
Speedometer motor Mati dan perbaikannya

Speedometer motor mati akan menjadi hal yang tidak baik. kita tidak tahu berapa kecepatan motor kita. Kita tidak tahu jarak tempuh yang sudah di lalui. Kebetulan goozir.com sendiri baru mengalami Speedometer Xeon GT125 mati. Goozir.com memiliki motor metik Xeon GT125 Eagle eyes lansiran 2014 sebagai alat transportasi harian goozir.com. Awalnya jarum speedometer bergetar dan tidak menunjukan kecepatan secara tepat. Sudah kencang kok Cuma 40km/jam. Jarak tempuh juga bergerak sangat lambat.

Speedometer motor Mati pada Yamaha GT125

Browsing browsing nemu artikel kenapa jarum speedometer getar-getar. Menurut arikel tersebut berkaitan dengan gear nanas yang ada di roda depan yang terhubung ke kabel speedometer. Kemungkinannya gear nanas sudah rompal atau rusak karena kurang graze atau gemuk atau pelicin. Kebetulan saat pulang kerja speedometer benar benar mati total tak bergerak sama sekali, penunjuk jarak tempuh juga tak bergerak sama sekali. Ditambah lagi dengan lampu indikator yang bekedip. 4 kali kedip dengan jeda 1 detik dan 2 kali kedip dengan jeda ½ detik dan kalau di baca maka berupa kode 42. Kode 42 pada motor Yamaha berarti ada kerusakan berkaitan dengan sensor kecepatan. Goozir.com pun pernah mengalami hal tersebut sebelumnya dan sudah ganti kabel speedometer dan beres, kini lebih parah lagi.

Akhirnya hari ini Sabtu 14 Januari 2017 Yamaha Xeon GT125 Eagle Eyes saya bawa ke deler resmi Yamaha untuk di service. Di deler Yamaha, motor langsung diperiksa dan di diagnosa. Dicek kabel speedo masih bagus (belum lama diganti soalnya) terlihat dari saat di coba di pelintir jarum speedo masih bergerak. Menurut mekanikanya yang rusak adalah gearboxnya. Dengan kata lain gear nanas pada sensor keceptan. Dan solusinya harus ganti gear nanas. Akhirnya ganti gear nanas dengan tebusan Rp 160.000. Mahal ternyata bro. pasang yang baru dan beres. Speedometer motor mati kembali bisa berfungsi. Penununjuk jarak tempuh juga kembali berfungsi.Speedometer motor Mati dan perbaikannya

Kesimpulan

Tanda awal untuk speedo meter akan mati adalah jarum speedometer akan bergetar dan kecepatan tidaks sesuai dengan apa yang ditunjukan oleh jarum speedometer. Penunjuk jarak tempuh juga akan bergerak lambat dan akhirnya mati bersamaan dengan jarum speedometer.

Jika speedometer motor mati maka cek kabel speedometer dan gear nanas pada gearbok as roda depan. Jika kabel speedo yang putus ya diganti kabelnya dan jika gear nanas yang sudah rusak ya ganti gear nanasnya.  Biasanya kode untuk kerusakan berhubungan dengan sensor kecepatan adalah 42. Lampu indikator mesin akan nyala 4 kali dengan jeda 1 detik dan nyala 2 kali dengan jeda ½ detik.Speedometer motor Mati dan perbaikannya

Tips:

Beri graze/gemuk pada gear nanas. Jangandi biarkan kering karena akan mengurangi umur gear nanas.

Baca juga info pilihan goozir.com dibawah ini bro

sobat goozir itulah pengalaman goozir.com berkaitan dengan Speedometer motor mati dan perbaikannya. Berhubung tidak punya alat dan butuh diagnosa jadi ke deler resmi kalau sudah terampil dan punya alat saya bongkar sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here