Ban radial dan ban bias

Ban radial dan ban bias

Ban radial dan ban bias memiliki perbedaan pada susunan strukturnya. Ban dibuat dengan struktur tertentu agar memiliki kekuatan. Susunan struktur ban inilah yang memberikan perbedaan antar ban radial dan ban bias. Ban radial memiliki struktur lebih kuat pada bagian yang menempel langung ke jalnan dibandingkan dengan ban tipe bias.

Beda ban radial dan ban bias

Untuk mengetahui perbedaan ban radial dan ban bias maka kita harus tahu apa itu ban radial dan ban bias.

Ban Radial

Ban Radial adalah ban (motor/mobil) yang memiliki struktur Carcass Cord membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Jika konstruksinya dilihat dari samping maka konstruksi cord memiliki arah radial terhadap pusat atau crown ban. Pada bagian yang bersentuhan dengan badan jalan diperkuat dengan sabuk pengikat yang dinamakan breaker atau belt. Pada ban radial breaker terbuat dari baja. Sehingga ban radial umumnya lebih awet dan lebih stabil dalam kecepatan tinggi.

Ban Bias

Ban bias adalah ban (motor/mobil) yang memiliki banyak lembaran cord yang digunakan sebagai rangka ban. Belt  terbuat dari benang nilon yang di tenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40-60 derajat terhadap keliling lingkaran ban.

Jadi yang jelas yang membedakan ban radial dan ban bias adalah susunan struktur dan bahan belt nya. Lihat gambar dibawah ini.

Ban radial dan ban bias

Susunan benang pada no 16 dan 14 itulah yang digunakan pada ban bias. Jadi baik dinding (bagian samping ban) maupun bagian yang bersentuhan dengan jalanan memiliki konstruksi yang sama.

Kemudian untuk susunan no 12 itulah arah dari benang yang digunakan dimana posisinya 90 derajat dari lingkaran ban. Dan pada bagian yang bersentuhan dengan jalan memiliki belt tebuat dari kawat baja.

Ban radial dan ban bias

Baca : Ban Radial IRC RMC 810

Penggunaan ban radial dan ban bias pada sepeda motor

Ban bias bisanya di gunakan pada sepeda motor dengan kubikasi kecil, sasis fleksibel, kecepatan sedang dan sepeda motor pekerja berat. Sedangkan untuk ban radial biasnya digunakan pada sepeda motor dengan kubikasi besar, sasis rigid, kecepatan tinggi dan biasanya dipasang pada motor sport.

Keuntungan ban radial

  • Keuntungan ban radial meliputi
  • Lebih awet (ada konstruksi kawat baja)
  • Lebih stabil dalam kecepatan tinggi
  • Daya cekram ban lebih merata
  • Lebih fleksibel

Keuntungan ban bias

  • Cocok untuk pekerja keras
  • Lebih murah

Baca juga artikel pilihan goozir.com dibawah ini

Bagaimana bro semoga ga bingung ya? 😀 Itulah ban radial dan ban bias. Jadi sekarang sobat goozir dapat memillih ban mana yang mau digunakan sesuai dengan jenis motor yang dipakai.

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*