Catalytic Converter sepeda motor

0
73
views
CatalyticConverter pada sepeda motor

Catalytic Converter pasti sudah pernah dengar semua ya. Biasanya behubungan dengan gas buang dan knalpot pada kendaraan bermotor. Catlytic Converter adalah katalisator yang dipasang disaluran buang. Fungsinya  menyaring hidrokarbon sisa pembakaran baik yang sudah terbakar maupun belum serta polutan lain yang dihasilkan mesin saat pembakaran.

Cara kerja Catalytic Converter (CC)

Katalisator pada CC bentuknya berupa sarang lebah yang terbuat dari logam platinum atau paladium yang disatukan dengan blok keramik. Ada 2 proses kejadian untuk membuat gas buang menjadi ramah lingkungan.

  • Step pertama

Hasil gas buang akan melalui proses pertama dengan sasaran mengurai NO dan NO2 menjadi N2 dan O2. Yang sudah tidak berbahaya lagi bagi lingkungan.

  • Step kedua

Setelah terurai menjadi N2 dan O2 gas buang masik ke katalisator yang berbentuk sarang tawon. Saat gas buang menyentuh katalisator maka akan terjadi reaksi kimia . reaksi kimia tersebut mengurai bebrapa senyawa hindrokarbon berbahaya menjadi H2O dan  CO2 yang sudah tidak berbahaya. Katalisatornya sendiri tidak mengalami perubahan sifat saat terjadi reaksi kimia.

Untuk dapat bekerja dengan baik katalisator harus berda pada suhu 427 derjat celcius.Catalytic Converter sepeda motor

Usia pakai Catalytic Converter

Logam yang dipakai untuk katalisator ternyata juga mengalami degradasi. Sehingga kemampuan untuk mengurai kandungan berbahaya gas buang menurun. Penurunan fungsi katalisator menurun sekitar 35 persen setelah dipakai kurang lebih 100.000 km. dengan pemakaian kendaraan yang lama apa lagi terkena macet dan berkendara stop and go umur katalisator bisa lebih pendek lagi.

Harga Catalytic Converter termasuk mahal dan untuk katalisatornya sendirimenyumbang 60-70 harga dari Catalytic Converter. Jadi jika CC harga ya 100 ribu maka harga katalisatornya sendiri   mencapa 60-70 ribu sendiri.

Musuh Catalytic Converter

Musuh dari Catlytic Converter adalah timbal (Pb). Jadi jika motor kamu ada CC maka jangan pakai bensin bertimbal jika tidak ingin CC cepat rusak.

Baca juga info pilihan goozir,com dibawah ini.

Itulah catalytic Converter pada sepeda motor. Dengan adanya teknologi tersebut gas buang semakin ramah lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here