Kelemahan rem ABS

Kelemahan rem ABS

Kelemahan rem ABS ternyata ada bro. Rem dengan sistem ABS memiliki kelebihan dibanding dengan dengan rem biasa. Jika melakukan pengereman mendadak maka rem tidak langung mengunci dan membuat ban tidak selip. Pengereman akan dilakukan secara bertahap namun dalam jeda yang singkat. Dengan demikian rem dengan sistem ABS memiliki kelebihan dalam mengerem secara mendadak.

Rem ABS sudah diaplikasikan oleh banyak kendaraan. Pada sepeda motor di Indonesia juga sudah menggunakan rem ABS . Bahkan untuk motor skutik sebut saja NMAX, Aerox 155 dan XMAX.  Bahkan di Eropa pengereman dengan sistem ABS wajib ada pada sepeda motor yang dijual disana.

Kelemahan rem ABS pada motor

Ternyata selain memiliki sisi positif  rem ABS juga memiliki sisi negatif dalam hal ini kelemahan rem ABS. kapan sistem ABS menjadi tidak baik untuk digunakan. Yaitu dalam kondisi pengereman jarak pendek fungsi  pengereman sistem ABS menjadi kurang maksimal.

Misal pengereman mendadak dalam kecepatan 60 km/jam membutuhlan jarak sekitar 17 meter untuk sepeda motor dapat berhenti sempurna. Jika berkendara tidak dalam jarak aman (misal 10 meter)  maka saat melakukan pengereman mendadak dalam kesepatan 60 km/jam dengan ABS jaraknya tidak cuckup dan inilah yang bisa menyebabkan kecelakaan.Kelemahan rem ABS

Hal tersebut yang kadang tidak menjadi perhatian pengendara yang sudah memiliki motor dengan sistem ABS apa lagi bagi penguna motor gede. Motor gede memiliki tenaga besar dan kecepatan sering dalam kecepatan tinggi. Dengan kecepatan tinggi maka jarak aman yang dibutuhkan untuk melakukan pengereman juga makin panjang.

Kita belajar bersama bagaimana penggunaan rem ABS yang benar. Walaupun pengereman sudah lebih aman dengan sistem ABS namun jika penggunaannya tidak tahu maka bisa celaka.

Baca juga info pilihan goozir.com dibawah ini bro

Penggunaan rem yang benar menjadi kunci keamanan dalam berkendara terutama dalam penggunaan rem. Bahkan untuk rem ABS, jarak aman harus di jaga bro. ok bro itulah kelemahan rem ABS, semoga kita bisa belajar bersama.

bagikan :

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*