Traction control System

Traction Control System merupakan salah satu fitur safety yang umumnya banyak dipakai pada motor gede. Tugas utama traction control adalah mencegah terjadinya slip pada roda belakang sepeda  motor akibat gaya gesek berkurang saat berakselerasi. Faktor yang membuat ban slip  karena tumpahan oli, jalan berpasir, jalan becek dan sebagainya.

Traction Control System pada Yamaha XMAX

Sebuah sistem traction control dapat bekerja jika ada input data. Inilah yang harus didapatkan oleh sensor. Speed sensor merekam kecepatan roda belakang dan roda depan. Hasil rekam kecepatan roda depan dan belakang di olah dan di serahkan ke ECU. Jika ECU membaca ada ketidak keseimbangan kecepatan antara roda depan dan belakang maka ECU akn mengirim sinyal untuk mengurangi tenaga pada roda belakang agar kecepatan kembali seimbang antara roda depan dan belakang.

Baca : Yamaha XMAX 2017: teknologi dan fitur

Ketidak keseimbangan kecepatan inilah yang biasanya disebabkan oleh sliding pada roda belakang. Untuk mengurangi tenaga pada roda belakang  bisa dengan jeda pengapian (Ignition Delay). Jika prosedur tersebut ternyata tenaga masih besar maka suplay bahan bakar akan di kurangi. Semuanya dikendalikan oleh ECU. Jadi jika sobat goozir ada yang memilki Yamaha XMAX dan saat jalan kadang tersasa mbrebet kemungkinan Traction Control System sedang bekerja untuk menyeimbangkan kecepatan.

Dengan hadirnya Traction control  System jelas berkendara dengan makin aman dan perjalanan juga nyaman.

Baca juga info pilihan goozir.com dibawah ini bro

traction control system
Traction Control System pada mobil

Perlu diketahui bahwa fitur dan teknologi Yamaha XMAX tegolong lengkap. Disamping Traction Control System, juga ada ABS, adjustable handlebar, LED, power socket, Keyless dan masih banyak lainnya.

Penerimaan konsumen dengan hadirnya TCS juga cukup menggembirakan. Hari pertama inden online Yamaha XMAX temus 1000 penginden yang memesan. Dan 40 persennya adalah warga Bandung. Selengkapnya di Booking online Yamaha XMAX hari pertama tembus 1000 orang

Itulah TractionControl System pada sepeda motor khususnya Yamaha XMAX.

bagikan :

Post Author: goozir

Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *