Review ban Aspira Premio Terreno pada Skutik

Review ban Aspira Premio Terreno pada Skutik
Aspira Premio Terreno depan

Review ban Aspira Premio Terreno pada Skutik Xeon GT125. Berhubung motor yang goozir pakai adalah motor skutik maka review kali ini adalah pemakaian ban Aspira Premio Terreno pada motor Skutik. Ban Aspira Premio  Terreno merupakan hasil kerjasama antara pihak Pirelli dan Astra Otopart. Produksinya sudah lokal dengan pabrik di Jawa Barat. Mengapa pakai ban Aspira Premio Terreno pada skutik?

Review ban Aspira Premio Terreno pada Skutik Xeon GT125

Review ban Premio Terreno dari Aspira kali ini pada motor skutik Yamaha GT125. Berhubung motor yang goozir pakai adalah Yamaha GT125. Menjawab Mengapa pilih Premio Terreno? Flash back dulu. Sebelumnya goozir sudah melihat-lihat di internet dan membandingkan beberapa produk. Mulai dari Michelin, Bridgestone, FDR, Corsa, Pirelli dan Zeneos . melihat produk-produk mereka terlihat bagus tapi mahal. Sempat kepikiran untuk memaka Corsa platinum V tapi masih Tube Type akhirnya batal.

Sempat baca artikel pak Taufik mengenai ban pada Varionya memakai ban ala dual purpose. Tampaknya asik juga kalau di coba. Akhirnya di keputusan akhir goozir.com mau coba ban Aspira Premio Terreno. Lagian goozir juga penasarann dengan ban kerjasama pirelli dan Astra tersebut bagaimana feelnya saat di pakai. akhirnya browsing-browsing lagi dengan mencari ukuran dan harga. Ternyata ga ada ukuran 110 akhirnya beli yang ukuran 100 untuk belakang. Sedangkan untuk depan pakai ukuran 90.

Perlu di ketahui ya bro ban depan dan belakang Aspira Premio Terreno  memiliki beda patern. Sehingga kita tidak bisa asala pilih. Ban depan ya pakai yang buat depan ban belakang ya pakai yang buat belakang. Khas ban Eropa bro. Akhirnya beli di toko ban yang sudah terkenal. Pasang disana ukuran depan 90/90-14 dan belakang 100/90-14. Abis  500 ribuan plus ganti pentil dan tidak pakai cairan anti bocor. Selesai, akhirnya  Aspira Premio Terreno terpasang pada Yamaha GT125. Kesan  awal boleh juga nih ban….

Tapi ada satu kelemahan yang saya temukan untuk saat ini yaitu saat di standar tengah ban masih nempel ke lantai. Ini memang buka karena bannya meler tapi ukuran ban yang gede dan standar tengah masih standar.

Review ban Aspira Premio Terreno pada Skutik GT125 untuk mudik

Salah satu tujuan mengganti ban pada GT125 adalah untuk keperluan mudik. Ban pada Yamaha GT125 sebelumnya adalah FDR Sport XR Evo sudah terpasang 1.5 tahun lebih. Ban belakang sudah mulai halus dan ban depan udah keras. Ga enak buat jalan. Sebelumnya ukuran yang kami gunakan adalah 90/80-14 sedangkan ban belakang 110/80-14. Bagaimana impresinya saat di pakai buat mudik.Review ban Aspira Premio Terreno pada Skutik

Goozir.com mudik pakai motor bro. berangkat start dari Bekasi jam 9 malam hari kamis 22 Juni 2017. Keluar sampai jalur utama mudik sudah di sambut kemacetan dari Bekasi sampai Cikarang hanya sanggup berjalan 10km/jam maximal. Ribuan pemudik motor tumpah ruah. Akhirnya sampai di Cikampek jam 00:30 hari Jumat. Bekasi Kota sampai Cikampek ditempuh 3,5 jam. Lebih dari waktu tempuh biasanya yang bisa di tempuh dalam 2 jam.

Istirahat perta feel terhadap Ban Aspira Premio Terreno  adalah ngegrip nya bagus. Tidak ditemukan gejala selip di aspal kering. Untuk jalan pelan juga enak. Memang ada sedikit rasa gredeg gredeg tapi kalau menurut saya wajar saja. apa lagi menurut saya ayunan suspensi makin nyaman. Kemungkinan ban juga memberikan kontribusi terhadap meredam kejutan. Aspira Premio Terreno saya rasakan lebih empuk namun terlihat keras. Jadi gimana ya keras tapi empuk gimana gitu.

Selesai isirahat pertama jam 1 malam lanjut lagi perjalanan Review ban Aspira Premio Terreno. Kali ini jalanan sudah ramai namun lancar. Kami bisa memacu kendaraan lebih cepat. 60-70 km/jam dapat di raih. Oh iya sob kalau berkendara malam kok kayaknya kecepatan 60 kpj udah terasa kenceng banget ya. Sempat lagi jalan kenceng, saya lihat speedo nunjukin angka 60. Berbeda dengan saat siang hari sob, jalan 60 masih biasa.

Jalur Cikampek kesana jalannya tidak mulus mulus amat. Pencahayaan dari lampu depan kurang maksimal kalah ama cahaya lampu mobil dan motor lain yang pakai LED. Jadilah jalan dengan mengandalakan cahaya motor atau mobil lain. Cahaya motor sendiri seakan hilang. Nah saat itulah ban Aspira Premio Terreno membuktikan kelebihannya. Berjalan di jalanan yang ga rata ban dan suspensi bekerja dengan baik. getaran berkurang saat menghajar jalanan tidak rata. Feel kayak naik mobi air suspension (lebay..) Hal tersebut berbeda saat memakai FDR Sport XR Evo yang ga karuan rasanya kalaiu lewat jalanan tidak rata. Hal tersebut mungkin juga karena umur ban udah mau abis jadi ga enak kali ya.

Ban Aspira Premio Terreno dengan kembangan ala Dual purpose sukses membuat perjalanan malam goozir.com mudik lebih nyaman. Mungkin desain dual purpose dari Premio Terreno ini yang membuatnya cocok untuk meilbas jalanan tidak rata. Beberapa kali juga melakukan pengereman mendadak dan ban ini sekali lagi sanggup mengimbangi. Ban dan suspensi bekerja baik dan tidak ada gejala selip ban.

Selesai istirahat kedua , sahur, jalan lagi istirahat sholat dan matahari pun mulai menampakan wajahnya. Jalanan menjadi terang dan jalanan rusak Brebes pun menghadang. Sebenarnya bukan jalannya rusak tapi banyak tambalan dan jalanan tidak ada yang rata, pating grinjul ga karuan bikin mules. Kayaknya perlu di aspal ulang tuh jalanan. Walaupun ban  dan suspensi bekerja dengan baik namun parahnya jalanan tetap berasa di stang motor. Pating gladuk ra karuan.

Memasuki jalanan Pejagan Prupuk ada jalanan cukup mulus dan bisa buat geber motor. Buat kecepatan 80-100 kpj ban masih bisa diandalkan dan tidak ada gejala selip saat diajak nikung.

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro

Dari pengalaman goozir.com mudik dengan ban Aspira Premio Terreno dapat disimpulkan beberapa hal.

  • Dari segi tampilan cukup keren di pasang pada GT125
  • Grip pada aspal kering bagus
  • Redaman getaran terhadap jalanan tidak rata cukup baik
  • Untuk pengereman tidak ditemukan gejalan selip

Itulah bro review ban Aspira Premio Terreno pada motor Skutik Xeon GT125 untuk mudik.

bagikan :

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*