Tips mudik aman pakai motor

0
26
views
Tips mudik aman pakai motor

Tips mudik aman pakai motor kami share untuk membantu sobat goozir mempersiapkan mudik lebaran 2017. Lebaran tinggal menghitung hari. Dan mudik menggunakan motor menjadi salah astu opsi yang mudah dan murah walaupun beresiko dan tidak diajurkan. Siapa yang tidak punya motor? Pabrikan aja getol bikin motor tapi konsumen di himbau tak pakai motor untuk mudik.

Di lain pihak sarana mudik masih belum sepenuhnya berjalan lancar. Masalah trasnportasi banyak pilihan. Bisa bis dan bisa kereta untuk jalur darat. Konsumen bebas memilih. Namun di saat yang sama sarana penunjang seperti jalan belum sepenuhnya mengakomodir keingiana masyarakat untuk mudik. Hasilnya seperti tahun lalu. Timbul korban dan macet super parah di Brebes Exit Timur  (Brexit)

Sebenarnya Pemrintah dan swasta sudah memfasilitasi untuk mudik bersama dengan menggunakan bus dan kereta. Namuan jumlah penumpang yang bisa diangkut lebih banyak dari kapasitas yang bisa diangkut.

Baca :

Mudik motor gratis lebaran 2017 kemenhub

Mudik bareng Honda 2017

Motor akhirnya menjadi solusi murah untuk sebagian masyarakat untuk mudik.

Tips mudik aman pakai motor 2017

Hal paling utama adalah menjaga kondisi tubuh dan motor tetap prima, baik sebelum selama maupun sesudah mudik.

  • Pastikan Motor dalam kondisi siap perjalanan jauh dan laik jalan

Bagi sobat goozir yang sudah terbiasa service rutin mungkin sudah tidak menjadi kendala. Cek ulang sebelum melakukan perjalanan dengan mengecek bagian rem, spion, lampu, oli, rantai/v-belt, radiator, tekanan angin, busi dll pastikan semua dapat bekerja dengan normal dan tidak bermasalah. Lengkapi juga kendaraan dengan kelengkapan dokumen yang sah. STNK dan Plat nomor harus sesuai. Cek juga STNK jangan kadaluwarsa alias telat bayar pajak. Siapkan juga beberapa tools standar seperti kunci kunci yang sering di pakai.

  • Pastikan pengendara dalam kondisi baik dan siap mudik

Persiapkan hal berikut untuk pemudik agar mudik anda aman dengan motor.

  1. Jaket
  2. Sepatu
  3. Helm
  4. Masker
  5. Sarung tangan
  6. Pelindung lutut dan siku
  7. SIM
  • Persiapkan fisik dan mental anda selama perjalanan

Siapkan fisik anda dengan istirahat yang cukup dan penuhi asupan gizi yag seimbang agar sehat dan kuat selama perjalanan. Bawa bekal makanan atau minuman seperlunya untuk memulihkan stamina dalam perjalanan jika tiak berpuasa atau untuk buka nantinya. Bisa juga beli namun pada musim mudik terkadang harga di mahalin.Tips mudik aman pakai motor

Siapkan  mental anda selama mudik. Namanya di jalanan apa lagi di musim mudik orang banyak sekali dengan berbagai karakter. Nah disini mental diperlukan. Usahakan untuk tetap calm, cool, dan ramah. Jangan mudah terhasut, marah dan seenak wudele dewek. Suasana jalanan yang semrawut dan panas dengan berbagai tingkah polah pemudik motor yang kadang sembarangan membuat kita naik darah. Kendalikan diri anda bro jangan ikut – ikutan terbawa suasana yang panas dan marah. Sikap mengalah lebih baik dari pada ngotot di jalanan.

  • Tips mudik aman pakai motor berikutnya adalah istirahat cukup selama perjalanan.

Menurut beberapa informasi,  perjalanan dengan motor sebaiknya istirahat jika sudah menempuh perjalanan setiap 2 jam. Jadi setiap 2 jam istirahat ya bro. Apa lagi sekarang pabrikan motor juga sudah mempersiapkan beberapa posko untuk istirahat pemudik motor. Di posko mudik ada beberpa fasilitas gratis yang dapat di nikmati.

Baca info : Posko mudik Yamaha 2017

  • Siapkan uang secukupnya.

Mudik jelas harus bawa uang buat bekal selama perjalanan. Usahakan untuk menyediakan uang Cash secukupnya jangan berlebihan. Atur agar kira-kira cukup untuk sekali perjalanan ke kampung. Sudah termasuk buat bahan bakar, makan dan urgent.

Taati rambu lalu lintas dan arahan polisi selama perjalanan. Selama mudik biasanya lalu lintas di atur situasional. Apalagi jika terjadi kemacetan panjang. Sistem buka tutup kadang terjadi . kita ikuti aja rambu lalu lintas, marka jalan dan arahan pihak kepolisian yang mengatur lalu lintas.

Baca juga artikel pilihan goozir.com dibawah ini

Itulah tips Mudik aman pakai motor yang kami bisa share. Kita sudah berusaha dan tentunya jangan lupa berdoa agar perjalanan lancar, tidak ada halangan suatu apa dan selamat sampai tujuan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here