Memilih aki buat motor injeksi

Memilih aki buat motor injeksi sangat penting. Aki merupakan bagian vital sepeda motor. Apalagi untuk motor jaman sekarang yang sudah injeksi. Motor injeksi sangat bergantung pada aki untuk dapat berfungsi dengan normal. Tanpa aki motor injeksi tidak bisa di pakai. Jadi jangan heran jika aki soak maka motor injeksi jadi rewel dan biasanya ngandang dan harus ganti aki baru.

Tips memilih aki baru untuk motor injeksi

Pada dasarnya aki ada 2 jenis yaitu aki basah dan baki kering. Aki basah biasanya memiliki larutan (air aki) sebagai  elektroda. Sedangkan aki kering menggunakan gel  sebagai elektroda. Jika di lihat dari sifat elektrodanya yaitu cair dan gel pasti bisa di simpulkan dengan hukum fisika bahwa tipe cair lebih mudah  menguap daripada tipe gel. Maka dari itu aki basah harus di isi ulang cairannya agar tetap awet,  jika sudah mencapai batas minimum. Dari sini pula ada kelebihan dari aki basah yang lebih awet namun butuh perawatan rutin.

Baca juga :

Sedangkan aki kering memiliki elektroda berbentuk gel sehingga lebih sedikit penguapan. Kelebihan lainnya tentu minim perawatan (MF). Aki kering lebih banyak digunakan pada sepeda motor jaman sekarang. Disamping dimensi ukurannya lebih kecil juga lebih tahan lama.

Untuk memilih aki buat motor injeksi bisa mempertimbangakn beberapa faktor berikut ini

  1. Pilih aki kering jika anda tipe orang yang tidak mau ribet ngurusin aki
  2. Cek spek dari aki bawaan motor, carilah aki yang spesifikasinya sama (voltase dan ampere) atau abaca buku manual motor dan cari informasi akinya.
  3. Cek umur aki, belilah aki yang umurnya tidak lebih dari 6 bulan untuk lebih baiknya.
  4. Belilah aki di tempat yang rekomended dan terpercaya untuk menghindari aki refurbish.
  5. Pastikan voltase dan ampere sesuai spek (butuh alat khusus untuk mengukurnya) sebelum  di pasang
  6. Lebih terjamin lagi jika membeli di dealer motor sesuai dengan merek motor yang kita pakai

Krusialnya aki pada motor injeksi, jadi jangan sembarangan memilih aki buat motor injeksi. Goozir.com sendiri pernah mengalami aki soak gara gara viting lampu depan terbakar. Akhirnya harus ganti dan goozir.com lebih memilih beli langsung ke dealer sesuai merek motor goozir.com.Memilih aki buat motor injeksi

Baca juga informasi pilihan yang sudah kami persiapkan untuk anda bro

Itulah sedikit tips memilih aki buat motor injeksi. Selalu cek aki anda sebelum terjadi masalah. Aki berperan penting pada motor injeksi.

bagikan :

Post Author: goozir

Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *