Tips berkendara di jalan umum pakai motor

0
29
views
Tips berkendara di jalan umum pakai motor

Tips berkendara di jalan umum khususnya bagi pengguna motor. Berkendara di jalanan umum bukan berkendara di jalanan milik bapak kita atau miliki kakek kita. Mungkin udah banyak blog yang membahas berkendara dijalan umum agar selamat. Tapi tidak bosan kita ingatkan kembali agar kita bisa selamat dan orang lain juga selamat menggunakan jalanann umum. Berikut beberapa tips berkendara di jalan umum khususnya bagi pengguna motor.

7 Tips berkendara di jalan umum pakai motor

  1. Buang jauh jauh skill anda yang ahli naik motor.

Masih sering kita temui pengendara motor yang berpikiran diri mereka paling mahir naik motor. Jauhkan sikap seperti itu. Naik motor di jalanan umum bukan main skill saja tapi juga pola pikir. Skill hanya sekitar 20 persen saja digunakan di jalanan umum, 80 persennya pola pikir. Berkendara di jalanan umum banyak penggunanya. Kita harus selalu waspada, hormat dengan pengendara lain dan lebih baik mengalah dari pada ngotot. Tanamkan pada diri sendiri bahwa semua yang terjadi pada diri kita adalah tanggung jawab kita sendiri bukan orang lain sehingga kita kan selalu waspada dan respect dengan pengendara lain. keselamatan kita berkendara ya tanggung jawab kita bukan orang lain.

  1. Gunakan riding gear selengkap mungkin

Berkendera dijalanan umum dengan menggunakan motor sangat besar resikonya. Banyak dari tubuh kita yang terbuka. Berbeda dengan naik mobil  dimana tubuh lebih terlingdungi. Gunakanlah helm SNI, gunakan jaket dan gunakan sarung tangan serta sepatu. Minimal kita harus pakai helm SNI. Untuk perjalanan jauh gunakanlah pengaman tambahan seperti  protector untuk lutut dan siku atau lebih lengkap lagi ditambah pelindung punggung.

  1. Jangan ngebut di jalanan umum

Ngebut boleh, bahkan boleh banget namun ada tempatnya. Di sirkuit dengan riding gear lengkap kamu boleh geber motor sekencang yang kamu berani dan sesuai kemahiran kamu. Ngebut dijalan raya lebih beresiko baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jalanan umum  bukan milik bapak anda.

  1. Gunakan rem dengan benar

Jangan melakukan pengereman dengan mendadak dan dalam. Resikonya bisa jatuh.  Pengereman secara mendadak dan full akan membuat kita cepat capek. Coba saat sedang macet dan kitas sering ngerem pasti kita sering merasa lelah. Berbeda saat kita touring jalanan sepi dan jarang ngerem, rasanya badan ga cape-capek. Lakukan pengereman dengan smooth, lakukan secara bertahap dan jangan langsung full menekan tuas rem. Tekan tuas rem pada bagian ujung agar pengereman makin enteng. Bagi pengguna metik saat ngerem usahakan gas dalam keadaan Nol alias tidak ngerem sambil ngegas agar part CVT lebih awet. Jangan biasakan jari berada di tuas rem.

Baca :

  1. Buka gas di urut

Jangan buka gas secara penuh saat tarikan awal karena akan membuat konsumsi bensin makin boros. Apa lagi pengguna motor metik yang akselerasinya tidak spontan. Untuk pengguna motor metik di utamakan mengurut gas saat berkendara yaitu dengan memutar gas secara bertahap, selain menghemat BBM juga menjaga part CVT lebih awet.  Bagi pengguna motor sport jangan sekali kali menutup gas saat berbelok. Namun tetap membuka gas, saat berbelok kemudian turunkan gas berlahan dan tarik kembali saat sudah melewat tikungan.

  1. Mendirikan motor yang berat

Bagi pengguna motor gede dimana beratnya bikin susah mendirikannya jika jatuh ada tips saat mendirikannya bro. jangan mendirikan motor yang jatuh dengan badan menghadap langsung ke motor. Arahkan badan membelakangi motor untuk mendirikan motor yang berat sehingga akan terasa lebih ringan saat mendirikannya dan tidak menghabiskan banyak tenaga.

  1. Berdoa sebelum berkendara

Berdoa dan berusaha itu sudah menjadi rumus jitu. Kalau sudah semuanya di lakukan tentunya kita bisa makinpercaya diri dan bisa selamat dalam perjalanan. Dan jangan lupa bawa selalu surat kendaraan dan SIM anda. Patuhi semua pertauran lalu lintas yang ada dan jangan kelebihan beban muatan.

Tips berkendara di jalan umum pakai motor
Gunakan helm dan jangan kelebihan muatan

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro

Itu hanya beberapa tips yang bisa kami share untuk kita semua, bukan menggurui namun saling mengingatkan sambil mengkoreksi diri kami sendiri.  Hanya 7 Tips berkendara di jalan umum pakai motor yang bisa kami share, silahkan di tambah dari referensi lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here