11 motor Honda paling irit bensin

11 motor Honda paling irit bensin  bisa menjadi referensi  konsumen saat mau membeli motor Honda. Biaya untuk bensin lebih sering dikeluarkan oleh konsumen dibading dengan biaya service berkala. Jadi tidak heran jika konsumen membeli motor karena irit bahan bakar.  Salah satu produsen yang mengklaim produk mereka irit adalah Honda. Bahkan konsumen sudah terbawa hastag irit dari Honda. Coba tanya ke orang di jalanan, motor apa yang paling irit menurut kamu? Sebagian besar biasanya jawab Honda.

Sebenarnya apa si yag dilakukan oleh honda untuk mengukur keiritan produknya? Cara yang sering dipakai adalah metode ECE R40. Pada kenyataannya metode ECE R40 bukan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar atau mengetahui keiritan bahan bakar. Melainkan untuk mengukur emisi gas buang. Metode ECE R40 biasanya dilakukan oleh ATPM untuk mendapatkan sertifikat lolos uji emisi.

Dari uji emisi tersebut diperoleh perhitungan konsumsi bahan bakar dengan melihat unsur karbon. Jadi jelas ya bro metode ECE R40 sejatinya bukan untuk mengukur konsumsi bahan bakar. Melainkan untuk menguji emisi gas buang apakah sudah sesuai aturan atau belum. Hanya saja dari hasil pengukuran emisi gas buang tersebut  bisa diperoleh angka konsumsi bahan bakar.

Pengujian ECE R40 dilakukan di Laboratorium bukan dijalanan. Menggunakan metode tertentu dengan syarat tertetntu sesuai kaidah sehingga diperoleh hasil yang sah. Jadi jangan heran jika klaim pabrikan motor A bisa irit 60km/liter ternyata saat di pakai di jalan hanya 53km/liter. Itulah bedanya di laboratorium dengan fakta di jalanan. Dijalanan banyak faktor yang mempengaruhi. Sehingga biasanya antara hasil ECE R40 dengan konsumsi bahan bakar sebenarnya di jalanan bisa beda 10-15 persen.

Daftar 11 motor Honda paling irit bensin

Data yang akan goozir.com berikan adalah 11 motor Honda Paling irit bensin berdasarkan metode ECE R40. Berikut daftarnya.

Tabel  11 motor Honda paling irit bensin

No Tipe Motor Jarak tempuh per liter
1 BeAT eSP ISS 63 KM/L
2 Revo 110 Fi 62.2 KM/L
3 Scoopy ESP 61.9 KM/L
4 Blade 125 Fi 61.8 KM/L
5 Supra X125 Fi 61.8 KM/L
6 Vario 125 eSP 59.5 KM/L
7 Vario 110 eSP 59 KM/L
8 BeAT eSP 58, 5 KM/L
9 Vario 150 eSP 52.9 KM/L
10 PCX 150 50,7 KM/L
11 New Verza 48 KM/L

Apakah anda memiliki salah satu dari  11 motor Honda paling irit bensin di atas?

11 motor Honda paling irit bensin

Baca juga Info pilihn goozir.com di bawah ini bro

Sobat goozir, itulah 11  motor Honda paling irit bensin. Semoga bermanfaat.

bagikan :

Post Author: goozir

Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *