Alasan trail 150cc Honda pakai mesin SOHC, Injeksi, Verza, Megapro

Alasan trail 150cc Honda pakai mesin SOHC, Injeksi, Verza, Megapro

Alasan Trail 150cc Honda pakai mesin SOHC, Injeksi, Verza, Megapro,  untuk trail 150cc bukan DOHC kepunyaan CB150R. Ada apa gerangan di balik pemilihan mesin Single OverHead Cam dibanding Double OverHead Cam pada Trail Honda 150CC Indonesia? tentu PT. Astra Honda Motor memiliki alasan tertentu Trail 150cc mereka memakai mesin SOHC dari Verza atau Megapro dengan teknologi Injeksi. Berikut alasan AHM mengunakan mesin SOHC, Injeksi dari Verza atau Megapro.

Alasan trail 150cc Honda pakai mesin SOHC di Indonesia

Bobot

Mesin Single OverhHead Cam lebih ringan bila di bandingan dengan mesin Double OverHead Cam. Mesin DOHC memiliki komponen tambahan yang pastinya akan membuat mesin bobotnya bertambah. Padahal untuk motor trail untuk off road di butuhkan bobot yang ringan. Faktor bobot inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa Trail 150cc Honda pakai mesin SOHC bukan DOHC.

Torsi

Berbicara motor trail pasti yang dibutuhkan adalah torsi buakan kecepatan. Komunitas trabas juga lebi membutuhkan torsi dibandigan top speed pada motor trail mereka. Berkendara di medan off-road dengan segala rintangannya jelas membituhkan torsi yang besar. mesin SOHC leboh baik dalam torsi dibandingan dengan mesin mesin DOHC. Inilah alasan ke dua kenapa Honda memakai mesin SOHC.

2 alasan tersebut yang menjadi pertimbangan Honda untuk memilih mesin SOHC dibanding DOHC untuk motor trail mereka.

Alasan trail 150cc Honda pakai mesin Injeksi di Indonesia

Emisi gas buang

Kenapa trail honda 150cc tidak pakai meisn karburator saja yang lebih mudah perawatan dan tidak ribet. Banyak biker yang masih kurang sreg dengan mesin injeksi pada motor trail. Menurut Honda mengapa mereka memakai meisn Injeksi adalah untuk memenuhi standar emisi yang ada di Indonesia. kita tahu bahwa standar emisi di Indonesia bakal terus meningkat, sekarang Euro3 kemudian Euro4. Dengan memakai sistem injeksi maka untuk memenuhi standar emisi yang ditetapkan akan lebih mudah. Berbeda jika menggunakan karburator.

Power

Alasan lainnya kenapa pakai mesin injeksi adalah masalah power. Jika memakai mesin dengan pengkabut bahan bakar karburtor maka power yang dihasilkan oleh mesin bakal lebih rendah bila dibanding dengan mesin sistem injeksi.

Alasan trail 150cc  Honda pakai mesin Verza atau Megapro

Untuk dapat mewujudkan alasan di atas yaitu SOHC dan Injeksi maka mesin yang cocok untuk Trail 150cc Honda adalah mesin dari Verza atau Megapro. Mesin Verza atau Megapro memang menggunakan mesin SOHC dengan sistem injeksi. Power keduanya juga cukup baik. namun keduanya memiliki sedikit perbedaan berikut perbedaannya

Mesin Kubikasi Power Torsi
Verza 149,2cc 13,2 PS – 8500 rpm 12,7 Nm – 6000 rpm
Megapro 149.5cc 13,3 PS – 850 rpm 12,3 Nm – 6500 rpm

Alasan trail 150cc Honda pakai mesin SOHC, Injeksi, Verza, Megapro
poto : kompas

Jika melihat beda mesin Verza dan Megapro di atas terlihat jelas torsi mesin Verza lebih baik dibanding dnegan mesin Megapro walaupun kubikasi meisnnya lebih kecil. Ada kemungkinan Trail honda 150cc bakal pakai meisn Verza bukkan meisn Megapro.

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini

Sobat goozir, itulah Alasan trail 150cc  Honda pakai mesin SOHC, Injeksi, Verza, Megapro  untuk produk terbaru mereka. Kabarnya dalam tahun ini trail Honda 150CC tersebut bakal launching. Kita tunggu saja bro.

bagikan :

1 Comment

  1. Lagian harga mesin dohc kan lebih mahal. Klx aja mesin sohc pasang harga d pasaran 33jt an.
    Bayangin perbedaan harga versa sama cb150. Beda ny sekitar 6-7jt an.
    Kalo honda ngeluarin mesin dohc dgn harga 40an gmn. Niatnya nyaingin klx malah k mahalan akhir ny g laku trus d anggep bukan pesaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*