Tips memilih bensin sesuai kompresi mesin

0
71
views
pertamax turbo ron 98

Tips memilih bensin sesuai kompresi mesin bisa menjadi tindakan preventif untuk menjaga performa mesin motor tetap bagus. Bensin di Indonesia secara umum terdiri atas 5 jenis yaitu RON 88, RON 90, RON 92 RON 95 dan RON 98. Masing-masing jenis bensin memiliki kelebihan sendiri terutama dalam kandungan oktannya. Bilangan oktan ini berbanding lurus dengan kualitas bensin yang ada. Makin tinggi bilangan oktan maka makin bagus kualitas bensinnya.

Tips memilih bensin sesuai kompresi mesin motor kamu

Makin tinggi angka oktan juga membutuhkan kompresi mesin yang lebih tinggi.makin tinggi oktan maka makin susah terbakar oleh karena itu butuh tekanan tinggi untuk dapat membakarnya. Untuk itulah mesin berkompresi tinggi butuh bahan bakar ber oktan tinggi. Jika bensin beroktan rendah dipakai pada mesin berkompresi tinggi maka saat proses kompresi, bensin sudah terbakar lebih dulu karena besarnya tekanan bukan karena api dari busi. Oleh karena itu biasanya mesin berkompresi tinggi jika minum bensin oktan rendah mesin lebih cepat kotor.

 Satuan yang biasa di gunakan pada bensin untuk menunjukan nilai oktan adalah RON (Research Octane Number). Nilai RON diambil dari perbandingan antara campuran iso-Oktana dengan n- heptana. Contoh : RON 90 berarti 90 persen Iso-Oktana dan 10 persen n-heptana. Satuan RON inilah yang digunakan pada bensin yang beredar di Indonesia.

Tabel RON dan kompresi mesin yang cocok

Nama Bahan Bakar RON Kompresi Mesin
Premium 88 7-9:1
Pertalite 90 9-10:1
Pertamax 92 10-11:1
Pertamax Turbo 98 11-12 ++
Shell Super 92 10-11:1
Shell V-Power 95 11-12:1

Tinggal mencocokan berapa kompresi motor kamu bro. terus sesuaikan dengan tabel di atas. Sobat bisa mengetahui berapa kompresi mesin motor sobat di buku manual atau cek spesifikasi motor di website pabrikan.

Harga terkadang menjadi faktor yang sering jadi opsi memilih bensin. Harga lebih rendah jadi lebih irit duit. Namun mereka kurang berpikir jauh. Jika motor rusak maka bakal butuh duit lebih banyak lagi. Jadi memakai bahan bakar sesuai dengan kompresi mesin bisa menjadi tindakan preventif untuk menjaga mesin dari kerusakan.

Tips memilih bensin sesuai kompresi mesin

Baca juga info memilihan goozir.com dibawah ini bro

Sobat goozir, di atas adalah tips memilih bensin sesuai kompresi mesin. Apakah bensin yang sobat gunakan sudah sesauai dengan kompresi motor kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here