7 teknologi motor canggih yang ideal ada pada sepeda motor

7 teknologi motor canggih yang ideal ada pada sepeda motor

7 Teknologi motor ini idealnya harus ada pada sepeda motor. Teknologi pada sepeda motor memang terus berkembang apa lagi pada motor balap di MotoGP. Untuk motor versi produksi perkembangan yang banyak adalah pengaplikasian fitur-fitur canggih motor besar pada motor kubikasi kecil. Teknologi yang biasanya ada pada motor besar kini mulai di aplikasikan pada motor dengan kubikasi kecil. Berikut 6 teknologi motor yang idealnya hadir pada setiap motor.

7 teknologi motor canggih

Sepeda motor yang ideal, harusnya memiliki 6 teknologi berikut ini bro. teknologi ini dulunya hanya ada motor besar dan mahal namun kini mulai diaplikasikn pada motor berkubikasi kecil, apa saja? mari kita lihat bro.

Anti-lock Braking System (ABS)

Fitur teknologi ABS menjadi teknologi yang sudah paling banyak diaplikasikan pada sepeda motor bahkan untuk motor kubikasi kecil. ABS berfungsi dalam keamanan saat melakukan pengereman. ABS mencegah roda mengunci saat di rem. Kita bandingkan dengan rem biasa, saat melakukan pengereman mendadak menggunakan rem biasa dengan kuat maka seketika roda akan berhenti ngunci dan ini berbahaya. Motor dan pengendaranya bisa jatuh. Sedangkan fitur ABS walaupun anda mengerem dengan kuat dan mendadak roda tidak akan langsung mengunci, roda akan terus memutar dengan jeda sepersekian detik sehingga ada kesempatan bagi pengendara untuk menghindari objek.

Rem dengan teknologi ABS akan melakukan lepas dan jepit piringan cakram rem 30-40 kali per detik. Itulah mengapa saat melakukan pengereman dengan fungsi ABS lebih aman. Roda tidak mengunci dan masih ada waktu buat pengendara bereaksi.

Baca : Kelemahan rem ABS

Slipper clutch

Teknologi slipper clutch dulu sering di aplikasikan pada motor sport gede. Dengan slipper clutch maka back torque dapat di minimalisir. Pernahkan sobat memakai motor sport terus melakukan penurunan gigi dengan cepat sehingga mesin gerung dan roda belakang terasa ngunci nah inilah yang disebut back torque. Jadi putaran mesin dan roda tidak seimbang. Slipper clutch inilah yang berfungsi meminimalisir terjadinya back torque tersebut.

Motor yang pertama kali mengaplikasikan Slipper Clutch adalah Kawasaki ZX-7R, Aprilia RSV Mille R dan Ducati 748R. Namun sekarang motor Yamaha R15 saja sudah menggunakannya.

Baca : Pasang Assist Slipper Clutch pada mesin Vixion 3C1 Gen 1

Assist clutch

Assist  Clutch biasanya hadir bersama Slipper clutch. Assist Clutch ini berfungsi dalam mempermudah perpindahan gigi. Jadi dengan menggunakan Assist Clutch saat berakselerasi perpindahan gigi makin enteng dan halus. Perpindahan gigi juga lebih presisi dan tidak mudah selip.

Baca : Modif Yamaha R15 lama pakai Assist slipper clutch

Ride by ware

Teknologi ke 4 dari 7 teknologi motor canggih adalah Ride by wire. Jika dulu motor pakai 1 tali gas untuk menghubungkan selongsong gas di setang dengan throttle body, terus berkembang dengan 2 tali gas. Tali gas sendiri biasanya terbuat dari kawat seling. Untuk saat ini throttle body dan selongsong gas di setang di hubungkan dengan kabel tembaga. dengan tembaga dan rangkaian elektronik sanggup untuk membuat laju motor makin kencang dan makin pelan. Teknologi tersebut adalah Ride By wire

Dengan ride by wire akselerasi akan makin smooth dan mesin makin efisien. Kerja katup throttle body diatur dengan komputer yang terhubung ke grip gas di setang. Jika pake kabel seling biasa bukaan katup throttle akan sesuai dengan tarikan tali gas jadi tidak heran jika tali gas di tarik keras secara tiba-tiba motor bisa stall. Dengan Ride By Wire kejadian tersebut tidak akan terjadi. Karena putaran grip gas di setang akan masuk ke komputer pengolah, baru di salurkan ke katup throttle body. Inilah sebab mengapa dengan RBW akselerasi motor lebih smooth dan halus.

Keuntungan lain dari RBW adalah bisa di hubungkan dengan Cruise control, traction Control dan push button capping. Salah satu motor yang sudah mengguunakan teknologi RBW adalah Honda CBR250RR. Sedangkan motor yang pertama make adalah Yamaha R6 pada tahun 2006.

Baca : Riding mode CBR250RR

Traction Control atau anti wheelie

Traction control atau anti wheelie akan mencegah terjadinya putaran roda yang berlebihan yang menyebabkan Wheelie. Teknologi ini bekerja dengan modulasi torsi mesin. Sehingga saat roda berputar berlebih traction control akan bekerja dan putaran roda akan kembali normal. Selip roda pun akan dapat di hindari. Traction control biasanya di gunakan pada Launch Control dan  wheelie control pada balapan. Intinya dengan traction control ban akan terus ngegrip dengan baik ke aspal.

Baca : Traction control System

Keyless

Ya fitur ini umumnya hadir di mobil namun sekarang motor metik pun sudah menggunakannya lihat Aerox S version dan XMAX. Sedangkan untuk motor sport Suzuki GXR 150 sudah memakainya. Fitur ini akan membuat motor makin aman dan mempermudah saat menghidupkan motor. Jika motor biasa tanpa keyless untuk menghidupkan motor maka harus memasukan anak kunci, memutarnya dan pencet starter atau engkol kick stater. Dengan keyless cukup putar knop dan motor bisa hidup. Keyless biasanya juga hadir sebagai anti maling sekaligus.

Baca : Keyless canggihnya kunci motor jaman sekarang

Yamaha TMAX D7 teknologi motor, teknologi canggih pada motor, ABS, Traction control, Slipper clutch, Assist Clutch, Ride By Wire, Air bag, keyless, teknologi motor, X : Review Spesifikasi, fitur dan hargaAir bag

Kalau mobil ada airbag udah biasa. namun kalau motor belum biasa. saat ini belum ada motor yang benar benar memiliki air bag untuk fitur keselamatan. Yang ada adalah pakaian yang di lengkapi air bag untuk keselamatan. Yang sudah umum memakai airbag adalah pembalap MotoGP. Pakainnya sudah ada airbagnya. Semntara itu produsen pakain riding yang sudah mengaplikasikan airbag adalah Dainese dengan jaket D-Air dan Alpinestar dengan Tech-Air. Untuk hargnya masih tinggi.

Motor juga sudah ada yang terintegrasi dengan kemampuan jaket airbag ini. salah satunya adalah Yamaha TMAX DX yang sudah memilki fitur yang terhubung dengan jaket Dainese D-Air.

Baca : Yamaha TMAX DX : Review Spesifikasi, fitur dan harga

Bagaimana broo apakah anda sudah memiliki 7 teknologi motor tersebut? mungkin sobat sudah memilki salah satunya. Minimal kita bisa mengerti fungsi dari masing masing teknologi tersebut jadi saat kita memiliki teknologi itu kita sudah tidak gaptek lagi.

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro

Itulah 7 teknologi motor canggih yang idealnya ada pada sepeda motor saat ini.

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*