CBR250RR oli mesin bocor, cacat produksi, ganti CBR250RR baru tidak di kasih

CBR250RR oli mesin bocor, cacat produksi, ganti CBR250RR baru tidak di kasih

CBR250RR oli mesin bocor mungkin kasus pertama dari CBR250RR yang cukup hot. Sebagai motor ¼ liter paling powerfull ternyata tidak lepas dari masalah.Honda CBR250RR oli mesinnya bocor akibat Gasket comp silinder head terjepit. Adalah Mulyana pemilik Honda CBR250RR yang mengalami masalah tersebut. Analisa sementara adalah karena kerusakan dari pabrik, namun saat diminta untuk di ganti  satu unit motor baru,  pihak diler tidak mau mengganti. Dengan alasan berakibat pengurangan profit penjualan diler sesuai ketentuan Honda.

Kronologis CBR250RR oli mesin bocor

  • 7 Agustus 2017 Mulyana menerima satu unit CBR250RR dari diler Bekasi Motor dengan no mesin MC31E1003186 dan no rangka MH1MC3116HK004310.
  • Hari rabu 20 September 2017 Motor tersebut dibawa ke bengkel AHASS Honda WING Sawangan Depok untuk service pertama.
  • Kamis 20 September 2017, Nopi Wardani berkendara dengan CBR250RR dari depok ke Cirebon, namun baru sampai Cikalong , Karawang motor  yang di kendarainya mengalami kebocoran oli mesin.
  • Saat itu juga motor di bawa ke bengkel Honda terdekat yaitu Honda Markoni –Cikalong. Setelah di lakukan pemeriksaan kebocoran oli dari Gasket Comp Silinder Head, namun pihak Honda Markoni tidak berani ambil tindakan dan keesokan harinya motor di bawa ke  Honda Bekasi Motor, menggunakan  obil Pick up.
  • Dari pemeriksaan  AHASS Bekasi Motor oleh mekanik dan kepala bengkel, ternyata benar bahwa kerusakan terjadi karena kebocoran oli pada Gasket comp silinder head dan di simpulkan kerusakan dari pembuatan motor di pabrik Honda,
  • Dari hasil analisa di AHASS Bekasi Motor, kemudian di lakukan tindakan perbaikan atas kerusakan yang terjadi. Namun setelah perbaikan dan di lakukan pengecekan terakhir dan motor di nyalakan, terjadi lagi kebocoran oli yang lebih parah dari bagian silinder head. Kemudian motor di parkir di AHASS Bekasi motor beserta kunci kontak dan buku service.
  • Setelah kejadian tersebut pemiliki motor Mulyana dan adiknya Nopi mengadukan kejadian di bengkel AHASS Bekasi Motor dan meminta pertanggungjawaban dengan meminta unit motor baru kepada manager diler Bekasi Motor.
  •  Ternyata pihak Diler AHASS Bekasi Motor tidak mau mengganti motor yang rusak dengan unit baru. Alasannya, penggantian unit lama dengan yang baru mengakibatkan pengurangan profit penjualan diler sesuai ketentuan Honda.
  • Jumat 22 September 2017, sore, setelah komplain tidak ditangapi dengan baik, pemiliki mengadu ke call center 1-500-989. Jawaban dari keluhan tersebut, motor akan di ganti dengan motor baru dalam jangka waktu 2 hari.
  • Hari Sabtu 23 September 2017 call center menelepon memberitahukan bahwa penggantian unit motor baru tidak bisa di lakukan  dan akan dilakukan koordinasi kembali. Siang hari pemiliki motor dengan 2 saksi datang ke Bekasi motor untuk minta penyataan tertulis kepada mekanik dan kepala bengkel terkait kerusakan motornya.
  • Dari hasil pertemuan, pemilik motor mendapatkan jawabn yang sama dari manager Diler Bekasi Motor bahwa pengantian dengan unit motor baru tidak bisa di lakukan. Meskipun sudah ada surat tertulis kerusakan motor akibat cacat produksi dari pabrik Honda oleh mekanik dan kepala bengkel Bekasi Motor

Melihat kasus yang ada bisa di tarik kesimpulan.

  1. Motor rusak akibat Gasket Comp Silinder head terjepit sehingga oli mesin keluar.
  2. Ada pernyataan tertulis kerusakan akibat cacat produksi dari pabrik Honda
  3. Pemilik minta ganti unit baru namun tidak bisa, baik oleh diler maupun call center HonDA (akan dilakukan koordinasi lebih lanjut)

Bagaimana tanggapan Honda?

Menurut Deputy Head of Corporate Communication PT. AHM, Ahmad Muhibbuddin dilansir dari Liputan6 bahwa tidak ada kegagalan produksi pada Honda CBR250RR.

“kalau gagal produksi tidak seperti itu, karena itu baru statement dari bengkel dan bisa dipastikan itu bukan produk gagal ya. Honda juga memastikan , kalau produk yang di jual sudah melewati  berbagai proses dan layak jual”

Bagaiamana bro menurutmu sikap AHM dengan  kasus CBR250RR oli mesin bocor?

Baca juga info pilihan goozri.com di bawah ini bro

Harusnya AHM bisa lebih bijak menanggapi kasus CBR250RR oli mesin bocor, karena konsumen adalah raja.

bagikan :

4 Comments

  1. -jika bocor oli. kenapa dr tanggal 7agustus sampai 20 septmber ga bocor…?
    -agak meragukan jika ada bengkel resmi pabrikan mengatakan itu kegagalan produksi pabrik, apalagi tertulis. apakah ada hak bengkel membuat itu..?
    -tgl 22 sept call center menjanjikan ganti unit…? semudah itu tanpa ada cek n ricek…? yg logislah bro.
    -tgl 23 sept call center bilang ga bisa. sekelas itu call center AHM…? ane sih ga yakin hehe

    koment sayaini ga bermaksud meng counter. hanya saja pernyataan kronologisnya ga masuk akal. bagi saya. yg lain ya silahkan

  2. wah disini artikelnya masih utuh ya?
    di kobayogas ilang
    di macantua juga ilang
    kekuatan materai yang ini gede banget ya sampe2 empunya blog ditanya diem aja hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*