Kelebihan dan kekurangan mesin 250cc 4 silinder

2
70
views
Kelebihan dan kekurangan mesin 250cc 4 silinder

Kelebihan dan kekurangan mesin 250cc 4 silinder  apa aja? Akhir akhir ini banyak bocoran terkait bangkit mesin 4 silinder 250cc. mesin ini booming di era akhir 1980 hingga 1990. Paling tidak ada 2 motor yang punya mesin 4 silinder saat itu yaitu Kawasaki ZXR250 dan Yamaha FZR250. Motor tersebut memiliki kubikasi 250cc 4 silinder. Sekarang mulai sayup –sayup mesin model begitu mau ada lagi. Sebenarnya apa si Kelebihan dan kekurangan mesin 250cc 4 silinder. Yuk kita lihat…

Kelebihan dan kekurangan mesin 250cc 4 silinder

Kelebihan mesin 250cc 4 silinder

Berbicara mesin 4 silinder identik dengan motor gede dengan kubikasi besar contoh yang baru baru ini di perkenalakan mesin Ducati V4 Stradale. Kubikasinya 1103cc, wajar jika punya 4 piston. Nah ini 250cc punya 4 piston mau seperti apa.

 Power dan torsi lebih heboh

Dengan mengunakan 4 piston maka ukuran bore menjadi lebih kecil dan ukuran stroke menjadi lebih pendek. Hasilnya mesin bergerek leboh ringan  bila dibandingkan dengan mesin ukuran stroke lebih panjang. Hasil positifnya crankshaft bisa berputar lebih cepat dan putaran mesin bisa lebih tinggi. efeknya torsi dan power yang di hasilkan lebih heboh.

Suara lebih asoy

Konon suara yang dihasilkan oleh motor yang memiliki 4 silinder lebih asoy geboy bila dibanding dengan mesin 2 atau 1 silinder. Kalau 1 silinder pasti udah pada tahu lah gimana suaranya, cempreng bikin kuping sakit aja. Nah yang 4 silinder ini suaranya lebih rendah dan lebih asoy geboyyy. Sebenanrya knalpot juga ngaruh.

Gengsi

Ya pride bisa menjadi suatu tujuan baik bagi produsen ataupun konsumen dengan memiliki motor mesin 4 silinder 250cc. bagi produsen dengan memiliki mesin tersebut bisa menjadi bukti bahwa mereka memiliki motor yang powerfull dan bisa di segani oleh kompetitornya. Sedang bagi konsumennya tidak boleh sombong namun memiliki motor dengan jumlah silinder 4 tetu punya kebanggaan dan gengsi tersendiri.

Kekurangan  mesin 250cc 4 silinder

Bobot lebih berat

Memiliki mesin dengan 4 silinder tentu memiliki ukuran crankshaft yang lebih panjang. Hal ini akan manambah ukuran dimensi mesin. Belum lagi part yang digunakan juga lebih banyak. Penggunaan part yang lebih banyak dengan ukuran dimensi mesin yang lebih besar tentu akan menaikan bobot mesin itu sendiri. Tentu saja mesin 4 silinder 250cc akan lebih berat bobotnya  dibanding dengan mesin 2 silinder 250cc.

Lebih boros

Punya 4 piston pastilah memberikan beban friksi yang lebih besar. hal tersebut akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih banyak. Dengan kata lain mesin 4 silinder lebih boros di banding dengan mesin 2 silinder.

Ongkos lebih besar

Ya ongkos akan menjadi lebih besar. dengan mesin 4 silinder konsumsi bahan bakar lebih boros maka siapkan duit lebih untuk beli bahan bakar. Kemudian untuk memboyong motor dengan mesin 4 silinder 250cc juga bakal lebih banyak. Jelas butuh duit lebih untuk beli motor 4 silinder 250cc dan untuk membeli bahan bakarnya bila dibandingkan mesin 2 silinder 250cc.

Motor dengan emsin 4 silinder biasanya bukan sembarang orang yang memiliknya. Biasanya mereka yang berduit dan bernyali yang membeli motor 4 silinder 250cc.Kelebihan dan kekurangan mesin 250cc 4 silinder

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini

Bagaimana bro minat membeli motor 250cc 4 silinder? Kelebihan dan kekurangan mesin 250cc 4 silinder di atas hanya sekedar informasi saja. keputusan membeli tentu tetap di tangan anda. Kalau belum merasa mampu untuk mendapatkannya ya jangan memaksakan diri.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here