Motor ASTUTI beroperasi 4 hari setahun sekali

Motor ASTUTI beroperasi 4 hari setahun sekali

Motor ASTUTI adalah motor yang di pakai oleh Daker Makkah dan Jeddah. Motor Astuti hanya di pakai selama musim haji jadi setahuan sekali ASTUTI di pakai. Sethun sekali pun hanya 4 hari di pakainya. ASTUTI dipakai untuk mengangkut jemaah haji yang sakit atau tersesat. Bukan tanpa alasan memaki motor ASTUTI sebagai angkutan pilihan. Lokasi yang sempit dan ramai menjadikan ASTUTI sebagai pilihan.

Tentang Motor ASTUTI

Motor ASTUTI adalah motor buatan pabrikan Jepang. Ya siapa lagi klau bukan dari Honda. ASTUTI sendiri adalah singkatan dari Astrea Tujuh Tiga. ASTUTI adalah motor Honda Astrea tahun 1973, di pakai untuk mengangkut jemaah haji yang sakit atau tersesat. Digunakan hanya 4 hari setahun sekali. Untuk saat ini jumlahnya ada 23. 8 unit di  Makkah dan 15 unit ada di Jeddah. Daerah kerja Motor Astuti ada di Armina.

Sebenarnya penggunaan kendaraan apapun dilarang di daerah tersebut jadi masuk dan penggunaan motor tersebut juga umpet-umpetan dengan petugas. Takheran jika penggunaannya kucing – kucingan.  Setidaknya ada 1 motor tiap tahun yang disita, dan jika sudah disita maka sudah tidak tahu dimana rimbanya.

Walaupun dilarang penggunaannya oleh pemerintah Arab Saudi namun motor Aastuti sanagt berguna dan lebih fleksible dalam bergerak menembus kepadatan dan sempitnya tempat di sana.

Jika melihat speknya Astrea Tujuh Tiga memilki mesin 70cc dengan tenaga 6 Dk dengan transmisi 3 percepatan. Walaupun tua namun Motor ASTUTI tetap berguna.Motor ASTUTI beroperasi 4 hari setahun sekali

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro

Bagaimana bro? ternyata ada motor yang ikut berperan aktif dalam ibadah haji.

bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*