Diamond Like Carbon, teknologi Vixon R dan R15 vva dari R1

0
5
views
Diamond Like Carbon, teknologi Vixon R dan R15 vva dari R1

Diamond Like Carbon (DLC) mungkin masih menjadi istilah asing. DLC merupakan sebuah treatment untuk melapisi bagian komponen mesin agar lebih tahan gesekan. DLC di gunakan pada Yamaha YZF –R1 yang digunakan oleh Yamaha untuk balap di World Superbike (WSBK) dengan pembalap M. Van Der Mark. Sebuah teknologi yang dipakai oleh Yamaha R1 kini sudah dipakai oleh Yamaha V-Ixion R dan Yamaha R15 VVA.

Diamond Like Carbon pada R15 VVA dan V-Ixion R

DLC bisa ditemukan pada Rocker Arm valve drive dan piston pins pada Yamaha YZR-R1 model terbaru. Untuk Yamaha V-Ixion R dan R15 terdapat pada mekanisme buka tutup klep. Yamaha R15 VVA dan Yamaha V-Ixion R sudah memakai lapisan DLC pada bagian high rpm komponen VVA.

Dengan tekonologi VVA Vixon R dan R15 VVA memiliki dua bumbungan noken As di klep masuk. Satu untuk putaran mesin rendah dan satu lagi untuk putaran mesin tinggi.

Untuk meladeni noken as pada rpm tinggi rocker arm  tidak lagi di lengkapi roller tapi di ganti dengan metal dengan lapisan Diamon Like Carbon (DLC).Diamond Like Carbon, teknologi Vixon R dan R15 vva dari R1

Lapisan DLC akan terlihat lebih gelap di banding dengan warna metal rocker arm. Dengan DLC maka sanggup meladeni mesin pada rpm tinggi dan tahan gesekan.

Penggunaan DLC pada motor superbike kini turun pada motor kelas sport entry level 150cc. alih teknologi terebut seharusnya membawa perubahan kelas motor sport entry level yang makin berkualitas.

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro

Penggunaan Diamond Like Carbon(DLC) pada R15 VVA dan Vixion  R membuktikan komponen berkualitas juga ada di motor sport kelas entry level.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here