5 Tips memilih Helm untuk wanita berhijab

Jangan salah pilih helm untuk wanita berhijab. Buat cowoknya juga harus tahu bagaimana memilih helm buat cewek berhijab. Pilihlah helm yang cocok dan pas buat sista yang berhijab.

0
303
views
5 Tips memilih Helm untuk wanita berhijab
helm wanita berhijab (pict : hijabina.com)

Goozir.com – Helm menjadi salah satu faktor penting berkendara motor. Selain itu memakai helm juga sudah diatur dalam undang – undang lalu lintas. Setiap orang memakai sepeda motor wajib memakai helm. Bagi wanita berkerudung memilih helm terkadang menjadi hal yang susah. Berikut tips milih helm untuk wanita berhijab.

Tips memilih helm untuk wanita berhijab

Wanita berhijab / berkerudung memang memiliki sesuatu yang khas dan khusus. Muslimah memang harus berhijab. Nah biasanya kalau sudah berhijab memakai helm terkadang menjadi sesuatu yang susah. Namun jangan sampai gara-gara helm jadi lepas hijab ya… Berikut tips milih Helm untuk wanita berjijab biar enak, nyaman dan safety saat berkendara motor.

Kenyamanan helm

Faktor paling utama adalah kenyamanan. Tingkat kenyaman helm berbeda – beda antara satu orang dengan orang lainnya. Inilah yang harus di perhatikan saat memilih helm. Tingkat kenyamanan helm dipengaruhi oleh ukuran helm.

Ukuran helm tiap orang berbeda jadi pilihah ukuran helm yang pas. Tdak kebesaran dan tidak kekecilan. Helm yang kebesaran akan mengurangi sisi safety. Helm longgar mudah lepas saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu helm longgar juga bisa berputar saat berkendara terutama saat kecepatan tinggi. Ini berbahaya karena dapat menghalangi pandangan mata.

Helm yang kekecilan akan membuat sista mudah lelah. Hal tersebut karena kurangnya oksigen ke otak akibat helm yang kekecilan. Parahnya lagi bisa membuat pusing kepala dan ujungnya lagi – lagi berbahaya. Jadi bagaimana helm yang pas?

Untuk memilih helm yang pas sista bisa mecoba helm saat membeli. Cobalah helm dan biarkan helm dipakai selama kurang lebih 5 menit. Rasakan apakah kekecilan atau kebesaran atau pas. Selam 5 menit tersebut coba palingkan kepala ke kanan dan ke kiri beberapa kali, jika helm bergeser, berarti kebesaran. Ganti dengan ukuran lain. jika dalam 5 menit kepala terasa pusing itu artinya helm yang di pilih kekecilan.

Saat memalingkan kepala ke kanan  dan ke kiri helm tidak berubah dari posisinya, terus kepala juga tidak pusing setelah memakai selama 5 menit dan helm mudah di lepas pasang berarti helm yang sista pilih sudah pas.

Sertifikat keamanan helm

Helm yang beredar di Indonesia wajib memiliki sertifikat SNI. Bahkan untuk helm dari luar negeri sekalipun dari merek terkenal. Selain sertifikat SNI ada sertifikasi lain yang umum pada helm seperti DOT, SNELL dan ECE

  • DOT merupakan standar keamanan helm di Amerika
  • SNELL adalah standar keamanan di Amerika yang di standarisasi secara independen. Biasanya dipakai pada helm motorcross, karting dan dragrace.
  • ECE merupakan standar keamanan helm di Eropa

Belilah helm dengan minimal standar SNI semakin banyak sertifikat standar keamanan makin baik. tapi jangan sampai terjebak pada standar tempelan palsu.

Fashion helm

Dari sisi fashion biasanya bisa dilihat dari grafis helm yang bisa di pilih. Ini masalah selera dan tiap wanita memiliki sisi fashion yang berbeda. Silahkan pilih grafis yang sista suka dan sesuai selera setelah 2 faktor di atas terpenuhi.

Harga helm

Ada harga ada kualitas. Pernyataan tersebut juga berlaku saat memilih helm untuk wanita berhijab. Semakin banyak sertifikat standar keamanan harga helm makin mahal. Selain itu merek juga berpengaruh pada harga. Helm dari luar negeri dengan merek terkenal memiliki harga lebih mahal. Helm luar negeri yang terkenal biasanya sudah memiliki standar sertifikasi tinggi.

Merek helm

Merek luar negeri yang terkenal memang memiliki jaminan safety yang lebih baik. namun bukan berarti helm merek lokal kalah sama helm merek impor. Ada sejumlah merek helm lokal juga memiliki kualitas yang tak kalah baik dengan merek helm luar negeri. Missal KYT, NHK, INK dan lain sebagainya.

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini ya..

Nah itulah tips memilih helm untuk wanita berhijab. Jangan salah pilih helm dan malah membahayakan jiwa sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here