Beli PCX 150 atau NMAX 155 ?

1
771
views
Beli PCX 150 atau NMAX 155 ?
Roda Depan NAMX 155 dan PCX 150

Goozir.com – Bingung mau beli PCX 150 atau NMAX 155? Segmen scooter besar 150cc kehadiran 1 produk baru dari Honda dengan All New PCX 150. Jika awal-awal AHM menjual PCX 150 versi CBU dari Vietnam dengan banderol tembus Rp 40 juta, lain dengan sekarang. AHM sudah memproduksi PCX 150 di dalam negeri. So Harga pun bisa bersaing. Berikut goozir.com berikan beberapa pertimbangan sebelum anda memutuskan beli PCX 150 atau NMAX 155, sehingga nantinya bisa tepat sasaran.

Pertimbangan sebelum beli PCX 150 atau NMAX 155

Sebelum memutuskan membeli atau kredit Honda PCX atau Yamaha NMAX lebih baik sobat baca dulu beberapa pertimbangan yang goozir.com berikan berikut ini. Harapannya sobat membeli sesuai dengan keinginan dan kemampuan financial sobat. Ada 4 faktor yang perlu sobat pertimbangkan sebelum membeli PCX 150 atau NMAX 155, yaitu

Desain

2 produk Yamaha dan Honda ini memang memiliki garis desain yang berbeda. Satu tampak kalem dengan guratan lebih luwes sedangkan yang lain lebih agresif dengan guratan yang lebih tajam.

Desain Honda PCX 150

Sobat pasti sudah mengerti bagaimana desain Honda PCX 150 dan desain Yamaha NMAX 155. Jika kita melihat desain PCX 150 dari awal muncul sampai sekarang desain tidak berubah masih sesuai pakem. Desain PCX 150 lebih kearah elegan dan mewah. Terlihat dari guratan desain yang lebih slow dan cenderung tumpul atau melengkung. Garis tegas dan tajam tidak tampak pada Honda PCX 150. Kesan yang bisa diperoleh dari desain Honda PCX adalah mewah. Finishing terlihat halus walupun baru melihanya dari foto. Semoga saat melihat langsung nanti juga demikian.

Honda PCX 150 ABS CBS 2018
Honda PCX 150

Desain Yamaha NMAX 155

Yamaha NMAX 155 memiliki desain khas keluarga MAX. dari TMAX DX sampai NMAX 155 memiliki desain yang identik walaupun tidak sama. Secara pakem masih seirama dan sedesain. Desain NMAX lebih terlihat sporti dibandingkan dengan elegan. NMAX memang lebih cocok untuk bergaya ala sport dari pada bergaya elegan dan mewah. Namun bukan berarti tampilannya tidak mewah, dengan hadirnya pelek warna emas NMAX 155 lebih terlihat mewah.  Finishing bodi boleh dibilang cukup apik dan rapi walaupun kadang mendengar ada sesuatu yang berisik saat mengikuti Yamaha NMAX di jalanan.

Baca : Warna hitam biru dan velg emas NMAX 2018

Jadi dari sisi desain, bagi sobat yang menginginkan desain kalem dan kesan mewah bisa memilih Honda PCX 150 dan jika sobat menginginkan motor dengan desain sporti dan kesan kencang bisa memilih NMAX 155.

Mesin

Baik PCX maupun NMAX memiliki mesin dengan kubikasi 150 cc. Memang secara detail PCX hanya menggunakan kubikasi mesin 149,3 cc dan NMAX 155cc.

Mesin Honda PCX 150

Mesin yang digunakan oleh Honda PCX 150 mengambail basis pengembangan dari Honda Vario 150 dengan teknologi Esp. Mesin SOHC, 4  tak berpendingin cairan. Mesin sudah injeksi dengan teknologi PGM-FI. Untuk power dan torsi belum diumumkan oleh AHM namun kita bisa meraba dari spek mesin pada Honda Vario 150 . Power dan torsi tidak bakal jauh dari yang dimiliki oleh Vario 150.

Read : Honda PCX 150 ABS CBS 2018 Pakai Mesin Vario 150

Mesin Yamaha NMAX 155

Mesin Yamaha NMAX memiliki kubikasi 155cc, 4 tak dengan pendingin cairan. Mesin juga sudah injeksi dengan filosofi BlueCore yang di klaim lebih hemat bahan bakar. Teknologi mesin yang digunakan NMAX adalah Variable Valve Actuation (VVA) dimana tenaga bisa tersalur secara merata di tiap rentang RPM. Dengan kata lain power tidak akan ngempos baik di rpm  rendah maupun tinggi. Power yang dimiliki mesin NMAX adalah 11,1 kw pada 8000 rpm dan torsi 14,4 pada 6000 rpm.

NMAX model 2018 harga naik
Yamaha NMAX 155

Dari segi mesin Yamaha memang memiliki kelebihan bila di banding dengan mesin PCX 150. Teknologi VVA dengan kubikasi 155cc. Yang masih menjadi misteri tentunya adalah Power dan torsi dari Honda PCX 150. Karakter mesin sepertinya memang diset sesuai dengan desain. Dengan desain elegan dan kesan mewah mesin tidak perlu terlalu ganas sudah cukup yang penting pride saat berkendara bisa di peroleh. Sementara Yamaha lebih ke mesin yang powerfull untuk mengakomodir desain sporti dan kesan kencang. Beli Pcx 150 atau NMAX 155 ?

Fitur

Masing – masing produk baik PCX maupun NMAX memiliki sejumlah fitur yang cukup lengkap. Teknologi terkini juga sudah hadir. Ini membuktikan bahwa baik PCX maupun NMAX sudah mengakomodir keingingan konsumen jaman Now.

Fitur Honda PCX 150

Honda PCX 150 yang digarap oleh AHM memiliki fitur unggulan yang tidak di miliki oleh Yamaha NMAX.

Smart Key / keyless

Dengan fitur ini motor PCX 150 tidak perlu anak kunci untuk menyalakan motor, fungsi anti maling juga hadir pada smart key PCX 150. Mencari motor di parkiran juga makin mudah dengan answer back system yang terintegrasi dengan Smart Key. Buka tutup tangka dan bagasi motor juga di kendalikan melalui Smart key ini.

Baca : 5 Fungsi dan Cara Kerja Smart Key Honda PCX 150

Lampu hazard

Dalam keadaan darurat misal sedang berhenti ditengah keheningan malan di jalanan sobat bisa menghidupkan lampu hazard. Lampu hazard merupakan lampu yang berkedip secara terus menerus biasanya memanfaatkan lampu sein yang memberikan peringatan kepada pengendara lain.

Port charger

Honda PCX 150 memiliki port untuk ngecas gadget sobat jika dalam keadaan perjalanan jauh dan susah mencari sumber tenaga listrik. Ini jelas sangat berguna dan fungsional serta cocok buat jalan jauh.

Rem CBS

Honda PCX 150 versi standar sudah dibekali dengan rem CBS dimana hanya dengan menekan satu tuas rem rem depan dan belakang bakal mengerem dua-duanya.

Beli PCX 150 atau NMAX 155 ?
Perbandingan Speedometer NMAX 155 dengan PCX 150

Fitur Yamaha NAMX 155

Yamaha NMAX buatan YIMM juga memiliki fitur yang tidak di miliki oleh Honda PCX 150 yaitu

VVA

Dengan VVA tenaga yang dihasilkan oleh mesin NMAX akan terus ada baik di putaran mesin bawah maupun putaran mesin atas.

Suspensi dengan tabung

Suspensi belakang dari Yamaha NMAX model terbaru sudah memakai suspensi tabung warna emas. Terlihat makin sporti dan mewah. Suspensi dengan tabung merupakan revisi untuk kenyaman dalam berkendara. Dulu NMAX dikritik suspensi keras dan bla-bla lainnya, suspensi tabung sebagai jawabannya.

Velg warna emas

Untuk meningkatkan kesan mewah Warna Matte Black dan Matte Gray Yamaha NMAX 155 dilengkapi  dengan velg berwarna emas.

Selain memiliki fitur unggulan masing masing kedua produk juga bersaing dalam fitur yang sama. Tangki BBM PCX 150 muat 8 liter bensin sementara NMAx muat 6,6 liter saja. stopper juga di miliki oleh kedua produk. Untuk membuka tutup tangki BBM PCX sudah terintegrasi dengan Smart key sementra NMAX masih manual dengan mencopot anak kunci untuk membuka tutup tangki BBM.

Ukuran ban juga berbeda. Ukuran ban Honda PCX adalah 100/80-14 depan dan  120/70-14 belakang. Sementara Yamaha NMAX memiliki ukuran ban depan 110/70-13 dan ban belakang ukuran 130/70-13

Lampu full LED pada PCX sudah di adopsi untuk seluruh sumber pencahayaan sedangkan NMAX baru pada headlight dan lampu rem, lampu Standby masih bohlam.

gimana? masih belum bisa menentukan mau beli PCX 150 atau NMAX 155 ?

Untuk kenyaman berkendara, keduanya memiliki pijakan kaki untuk dua posisi yaitu selonjoran maupun posisi tegap biasa. untuk sector ini berimbang untuk keduanya.

Secara fitur Honda PCX 150 memiliki fitur unggulan Smart Key, Hazard, port charger dan rem CBS. Sementara untuk PCX memiliki teknologi VVA, suspensi belakang tabung, velg warna emas dan ban lebih gambot.

Masing masing varian tertingi untuk stiap produk sudah memiliki fitur rem ABS. namun kabarnya PCX masih menggunakan 1 channel yaitu depan saja dan NMAX sudah 2 channel yaitu depan belakang. Namun kita akan tunggu konfirmasinya apa benar PCX masih pakai ABS satu channel?.

Beli PCX 150 atau NMAX 155 ?
Roda Belakang NMAX 155 dan Roda Belakang PCX 150

Harga

Baik PCX maupun NMAX memiliki banderol yang menyentuh angka psikologis Rp 30 juta.

Harga Honda PCX 150

Harga yang di umumkan oleh AHM untuk Honda PCX 150 berada di rentang Rp 27 – 32 juta untuk versi CBS-ABS OTR Jakarta.

Harga Yamaha NMAX 155

Harga Yamaha NMAX 155 terbaru model 2018 memiliki banderol Rp 26,3 juta untuk versi standard dan Rp 30,2 juta untuk versi ABS.

Kesimpulan

Jadi sobat mau beli PCX 150 atau NMAX 155? Menurut opini goozir.com ada 2 point untuk menentukan anda mau beli yang mana.

» Pertama adalah karakter anda.

Anda termasuk yang suka ngebut atau yang suka jalan santai menikmati setiap perjalanan? Bagi anda yang demen ngebut bisa membeli NMAX 155. Sedangkan bagi anda yang demen menikmati perjalanan santai menikmati tiap putaran roda, bisa membeli PCX 150.

»Kondisi financial anda

Bagi orang kaya poin ke 2 ini tidak masuk kriteria. Bagi orang kaya bisa saja membeli kedua produk di atas dan itu bukan masalah bagi mereka. Namun bagi yang penghasilan pas-pasan. Pas buat membayar kontrakan, pas buat makan, pas buat nabung, pas buat lain-lain dan sisanya tidak pas buat beli kedua motor di atas, anda bisa memilih Yamaha NMAX dengan alasan harga lebih murah.

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro

Bagi sobat yang masih bingung juga mau beli PCX 150 atau NMAX 155 silahkan test ride kedua motor di atas. Rasakan sensasinya dan tentukan pilihan anda.

1 COMMENT

  1. bukan Honda kalo nggak common engine,
    Versa, rubah bodi dikit jadi CRF, bandrolin 2 kali lipatnya lebih mahal.. lempar pasar bilang “produk baru”.
    Vario, melarin bodi dikit jadi PCX, bandrolin 1/3 kali lipatnya lebih mahal.. lempar pasar bilang “produk baru”.
    Tiger, rombak bodi jadi cruiser “Phantom”, bandrolin 2 kali lipatnya lebih mahal.. lempar pasar bilang “produk baru”.
    dll..
    dll..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here